Kopi Bantu Anda Mendongkrak Performa Fisik

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

TERDAPAT PENDAPAT jika kopi atau minuman lainnya yang mengandung kafein memiliki dampak negatif terhadap latihan Anda. Tetapi sebuah penelitian baru menunjukkan, kopi justru membantu Anda meningkatkan performa fisik Anda. Penelitian yang menempatkan kopi sebagai mitra latihan Anda ini dilakukan oleh seorang profesor fisiologi University of Sao Paulo, Bruno Gualano.
Gualano meneliti sekelompok pesepeda laki-laki yang kompetitif untuk menguji apakah kafein bisa memberikan dorongan energi saat mereka berlatih. Untuk melakukan hal ini, Gualano membagi pesepeda dalam tiga kelompok berdasarkan sejarah konsumsi mereka terhadap kafein sedang, rata-rata, dan tinggi. Kemudian peneliti meminta mereka bersepeda tiga kali. Sekali tanpa mengonsumsi kafein, kemudian sekali setelah mengonsumsi pil placebo, dan selanjutnya sekali setelah mengonsumsi pil kafein berdosis 400 miligram (yang setara dengan empat cangkir kopi). Para pesepeda ini mengayuh pedal hingga membakar 450 kalori.
Hasil pengujian ini menunjukkan, secara rata-rata, tiap pesepeda menunjukkan performa terbaik setelah mengonsumsi pil kafein, tanpa mengabaikan sejarah mereka dengan kafein. Gualano memberikan catatan, meski kafein tidak boleh dikonsumsi dalam dosis tinggi, namun dalam dosis kecil dan terukur akan memberikan manfaat meningkatkan performa fisik.

More to explorer

DANAMON RUN 2019 Kembali Digelar

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Bank Danamon” atau “Bank”) akan menggelar kembali ajang lari Danamon Run, lomba lari dengan konsep unik dan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *