Beli Sepeda Baru? Ini Panduan Bagi Anda untuk Melakukan Test Ride

By:
Posted: February 1, 2019

MEMBELI SEPEDA BARU sama halnya dengan membeli mobil baru. Anda tidak mungkin mengeluarkan uang dalam jumlah banyak sebelum mengendarai barang yang akan Anda beli, meski hanya untuk beberapa kilometer. Berikut beberapa tip untuk mendapatkan pengalaman test ride terbaik,
#1 Pergi ke Bike Shop
Kunjungi bike shop ketimbang hypermart jika ingin membeli sepeda baru. Ya, hypermart mungkin menawarkan harga sepeda yang murah. Tetapi jika menyangkut urusan sepeda, Anda harus mendapatkan produk yang sesuai dengan uang yang Anda keluarkan dai dompet. Produk yang dijual di hypermart biasanya adalah sepeda berbobot berat dengan komponen murah, yang biasanya kurang nyaman untuk ditunggangi. Sementara bike shop, tidak hanya memberikan alternatif pilihan sepeda bagi Anda, namun juga menjadi sumber perawatan serta mendapatkan suku cadang tambahan, memperoleh informasi tentang tempat untuk bersepeda yang menyenangkan, orang-orang yang bisa diajak mengayuh pedal bersama, dan banyak lagi.
Jika tidak mendapatkan layanan yang memuaskan di bike shop pertama yang Anda kunjungi, segera tinggalkan dan cari bike shop lainnya. Namun ini mungkin tidak akan terjadi karena sebagaian pengelola atau pemilik bike shop biasanya ramah dan mengakomodasi semua kebutuhan pesepeda.
#2 Kenakan Perlengkapan Bersepeda Anda
Saran ini mungkin terdengar sedikit aneh bagi Anda. Namun, ketika Anda akan melakukan test ride untuk sepeda yang Anda incar, sebaiknya kenakan perlengkapan dan pakaian sesuai dengan yang Anda kenakan untuk bersepeda. Saat ingin melakukan membeli sepeda, atau minimal test ride, jangan kunjungi bike shop dengan berpakaian lengkap untuk acara makan malam di pusat kota. Sebaiknya bawa atau gunakan celana, sepatu, dan pedal yang biasa Anda gunakan bersepeda. Ini akan mempercepat proses test ride. Dan jangan terlalu khawatir menghabiskan banyak waktu di bike shop. Sebagai pembeli, Anda adalah raja. Sementara sebagi penjual, bike shop adalah edukator yang wajib memberikan informasi yang dibutuhkan agar konsumen mendapatkan produk terbaik dan paling tepat untuk mereka.
#3 Jadilah Petualang
Coba untuk melakukan test ride terhadap sedikitnya tiga sepeda. Ini akan membantu Anda melakukan perbandingan yang nyata. Coba tunggangi sepeda di lintasan menanjak, kemudian mengayuh pedal dengan cepat, dan lakukan pengereman mendadak. Beri perhatian khusus pada beberapa detil, seeprti seberapa cepat dan mengalir perpindahan rantai ketika Anda memindah gigi dan seberapa lebut dampak yang diberikan ketika Anda menekan tuas rem untuk berhenti. Semua itu adalah sejumlah fitur yang memberikan dampak langsung terhadap kenyamanan dan kenikmatan Anda ketika bersepeda. Wanita biasanya dengan cepat sering mengatakan tidak membutuhkan hal ini. Tetapi jika Anda suka bersepeda dan berencana untuk sering mengayunkan pedal sepeda, manjakan diri Anda dengan tunggangan terbaik yang mampu Anda beli. Harga akan selalu berbanding lurus dengan daya tahan, performa, dan kenyamanan.
#4 Jangan Biarkan Sepeda Menahan Kecepatan Anda
Sebagian besar wanita (dan juga pria) tidak menyadari jika sebetulnya adalah sepeda yang menahan kemampuan mereka untuk melaju lebih cepat lagi. Meski trophi juara belum pernah Anda dapatkan, tetapi ketika Anda menjadi orang pertama dari group ride yang sampai di puncak tanjakan, secara teknis Anda adalah seorang pembalap, ujar John Brown, mantan manajer di High Road Cycles. Jika Anda mencoba bersaing dengan orang-orang yang lebih cepat dari Anda, maka Anda harus berpacudengan cepat, tambahnya. Dan jika ternyata sepeda yang menahan laju Anda untuk lebih cepat, dan bukan kemampuan Anda, pasti ini sangat menjengkelkan. Terdengar seperti upaya untuk menjual produk? Ya, tentu saja. Berat untuk menyangkalnya, namun memang hal itu adalah fakta yang sebenarnya.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts