5 Strategi Alami Redakan Stres

ANDA, DAN MUNGKIN KITA semua tak selalu memiliki kendali terhadap apa yang terjadi atau menimpa kita. Situasi ini kerap menempatkan diri kita dalam kondisi stres. Tapi bukan berarti kita harus menghadapi situasi yang sulit atau penuh tantangan dengan kesedihan, keputusasaan, atau bahkan kebingungan. Karena makin stres Anda, maka akan meningkat pula ancaman terhadap kesehatan tubuh dan pikiran Anda. Lima strategi sederhana yang alami berikut ini bisa membantu Anda menghadapi tekanan kehidupan sekaligus membuka kembali peluang Anda menikmati keindahan dan kenikmatan kehidupan.
#1 BERNAPAS DALAM DAN TERATUR
Coba bernapas dari diafragma untuk memasok darah dengan oksigen. Cara sederhana ini akan membantu Anda merasa relaks dengan cepat, ujar Robert Cooper, Ph.D., penulis The Power of 5. Sebaliknya, napas pendek, cepat, dan melalui dada, bisa menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan membuat otot tegang, yang meningkatkan perasaan stres. Untuk bernapas dalam-dalam, mulai dengan menempatkan tangan di perut, persis di bawah pusar. Tarik napas perlahan melalui hidung dan lihat tangan Anda bergerak keluar saat perut Anda membesar. Tahan napas selama dua detik, dan kemudian keluarkan secara perlahan. Lakukan beberapa kali.
#2 COBA UNTUK TERSENYUM
Tertawa adalah mekanisme dua arah. Anda melakukannya saat merasa relaks dan gembira, dan melakukannya juga membuat Anda merasa relaks dan gembira. Ya, tersenyum mentransmisikan dari otot-otot wajah ke limbic system, pusat kendali emosional di otak, yang mengubah kesimbangan neurochemical agar Anda menjadi lebih tenang, relaks, dan gembira, ujar Cooper. Cobalah tersenyum! Sudah? Bukankah perasaan Anda sekarang menjadi lebih baik.
#3 HANGATKAN DIRI ANDA
Coba tip dari David Sobel, M.D., penulis The Healthy Mind, Healthy Body Handbook: Saling gosokkan telapak tangan Anda hingga terasa hangat. Kemudian tangkupkan mereka ke mata selama lima detik saat Anda bernapas dalam-dalam. Kehangatan dan kegelapan akan terasa nyaman.
#4 GOYANGKAN LEHER DAN PUNGGUNG
Latihan ringan yang cepat dilakukan membantu melemaskan otot leher dan punggung atas, ujar Dr. Sobel. Ini caranya: Berdiri atau duduk, kemudian regangkan lengan ke arah luar-samping, dan kemudian goncangkan dengan kencang selama 10 detik. Kombinasikan hal ini dengan menarik napas dalam-dalam. Setelah itu, Anda akan merasa lebih baik. Tidak percaya? Cobalah!
#5 TINGKATKAN KONSUMSI VITAMIN
Elizabeth Somer, R.D., penulis Food and Mood merekomendasikan kaum wanita mengonsumsi formula multivitamin dan mineral yang mengandung 100-300 persen kebutuhan harian vitamin B, yang juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, chromium, copper, zat besi, mangan, molybdenum, selenium dan zinc.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *