Olahraga Bagi Yang Sibuk Bekerja

Bagi sebagian besar pekerja yang sibuk, sulit rasanya untuk menjaga kebugaran di tengah rutinitas pekerjaan yang begitu padat. Mungkin Anda berpikir bahwa pekerjaan yang Anda lakukan telah menguras banyak tenaga sehingga ketika ada waktu luang lebih baik dimanfaatkan untuk beristirahat. Bahkan, keinginan memiliki bentuk tubuh yang ideal akhirnya hanya menjadi angan-angan.
Untuk menjaga agar tubuh tetap bugar, selain harus memenuhi asupan yang bernutrisi, Anda juga perlu melakukan olahraga secara rutin. Olahraga rutin dapat membantu Anda terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Dengan berolahraga rutin, terbukti dapat menurunkan resiko untuk terkena serangan jantung atau stroke. Selain itu, olahraga juga dapat membantu Anda terhindar dari kegemukan atau pun obesitas, serta mengurangi stres.
Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa mewujudkan kebiasaan olahraga secara rutin tersebut? Sementara aktivitas kerja sering menyita waktu, pikiran, dan tenaga Anda. Mungkin tidak jarang pula Anda sudah harus berada di kantor sejak pagi hari hingga pulang larut malam.
Bagi Anda para pekerja yang sibuk hingga sulit menemukan waktu untuk berolahraga, simak beberapa kiat berikut.

• Anda harus menyediakan waktu untuk berolahraga. Lakukan olahraga aerobik minimal selama 30 menit per hari, 5 hari dalam seminggu. Olahraga aerobik yang bisa Anda lakukan, seperti jalan kaki, jalan cepat, jogging, berenang, senam, atau pun bersepeda.
• Olahraga dapat Anda lakukan di pagi hari, sore hari, atau pada waktu luang yang Anda miliki. Namun, waktu terbaik untuk olahraga memang di pagi hari. Jika harus dilakukan malam hari, maka paling tidak olahraga sudah selesai dilakukan 2 jam sebelum waktu tidur. Lalu, maksimal jam 9 malam sudah selesai olahraga
• Olahraga tidak harus di luar ruangan. Anda bisa melakukan olahraga di dalam ruangan. Tetap pastikan ruangan Anda memiliki ventilasi yang baik untuk pertukaran udara. Selain itu, sebaiknya berolahraga di ruangan yang nyaman dan aman bagi Anda untuk bergerak.
• Bila benar-benar tidak sempat berolahraga di luar kantor, Anda bisa berolahraga di dalam kantor. Untuk melakukannya Anda bisa memanfaatkan benda yang ada di dalam kantor, seperti meja atau pun kursi. Anda bisa melakukan push up dengan meletakkan tangan di bagian sandaran tangan atau pun di bagian dudukan kursi kerja Anda. Gerakan ini akan melatih otot bagian atas tubuh Anda.
• Anda juga bisa olahraga yang melatih kekuatan otot bagian bawah tubuh. Anda bisa melakukan gerakan jongkok-berdiri berulang. Pastikan lebar kaki sejajar dengan bahu dan tubuh tetap tegak. Fokuskan beban tubuh pada bagian tumit. Ketika jongkok, jangan sampai panggul Anda lebih rendah daripada lutut.
• Disarankan agar Anda memiliki target setiap harinya untuk terus meningkatkan kemampuan dalam berolahraga. Tidak perlu terburu-buru, namun pastikan adanya perkembangan saat Anda berolahraga. Anda bisa menambah hitungan saat melakukan suatu gerakan olahraga atau menambah durasi olahraga yang Anda lakukan.
• Anda bisa mengajak rekan kerja untuk melakukan olahraga bersama. Dengan begitu Anda bisa saling memberikan motivasi, Sambil meningkatkan kebugaran, Anda bisa mempererat hubungan kerja pula.

Nah, jadi mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir karena tidak sempat berolahraga di kala sibuk bekerja. Cobalah untuk melakukan kiat-kiat di atas. Buat apa Anda sibuk bekerja bila akhrinya tidak bisa menikmati hasil kerja tersebut karena jatuh sakit? Pupuklah niat di dalam diri untuk selalu menempatkan kesehatan tubuh sebagai prioritas utama Anda.

Oleh: dr. Andika Widyatama
@brawijayahealthcare
www.brawijayahealthcare.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *