3 Cara Cerdas Dongkrak Performa Renang

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

BAGI BANYAK ORANG, fase renang di lomba triathlon adalah tahapan terberat dalam lomba multisport ini. Anda mungkin rutin melakukannya 2-3 di kolam renang saat mempersiapkan diri menghadapi lomba triathlon. Tetapi kecuali Anda perenang profesional, berenang gaya bebas selama 30 menit atau lebih di laut busa jadi merupakan aktivitas yang mengintimidasi. Bagaimana mungkin Anda keluar dari air dan masih memiliki energi tersisa untuk fase sepeda dan lari.
Sebetulnya, beberapa teknik sederhana bisa mendongkrak performa Anda di dalam air secara signifikan, Erica Sheckler, co-owner Endurance Multisport dan pelatih triathlon di Amerika Serikat. Menurut Sheckler, saat kemampuan teknik meneningkat, demikian juga dengan efisiensi gerakan yang dilakukan. Hal ini berujung pada efisiensi penggunaan energi. Berikut sejumlah tip dari Sheckler yang akan membantu melaju makin cepat di air dengan gerakan dan penggunaan tenaga yang efisien.
#1 TENDANGAN DARI PINGGUL
Apakah Anda sering menendang di air untuk bergerak maju sama seperti Anda menendang bola ketika bermain sepakbola? Jika Anda melakukannya, segera hentikan. Tendangan dari lutut tidak akan membuat Anda maju dengan baik. Sebaliknya, jaga agar kaki Anda tetap lurus dan rileks. Kemudian lakukan latihan ini: Berenanglah dengan posisi pusar menghadap ke sisi sebelah kanan. Lebarkan tangan kiri Anda dan tempatkan tangan kanan Anda di pusar. Pastikan tangan Anda yang terjulur miring sedikit ke bawah namun tetap sejajar dengan bahu.
#2 JAGA LEHER TETAP RELAKS
Berdiri dan lihatlah ke depan. Ini seharusnya posisi kepala Anda ketika berenang. Jangan melihat ke atas atau justru terlalu menunduk. Kedua posisi initersebut akan mengubah postur tubuh Anda dan menciptakan resistansi tambahan ketika di air. Sebaiknya lakukan ini: Selipkan bola kecil seperti bola golf di bawah dagu Anda saat berenang. Cobalah untuk berenang tanpa menjatuhkan bola tersebut. Berhasil? Berarti Anda sudah mendapatkan postur yang tepat.
#3 PUTAR BADAN ANDA
Jika pusar Anda selalu menghadap ke dasar kolam ketika berenang, berarti kemungkinan besar Anda menempatkan beban yang tidak perlu di bahu Anda. Ketika melaju di air, putar tubuh Anda bolak-balik bentuk sudut sekitar 45 derajat menghadap tiap sisi. Hal tersebut akan menambah jangkauan Anda, sekaligus menggunakan lebih banyak pusat tubuh Anda selama membelah air. Pastikan lengan dan tangan Anda sejajar dengan bahu tidak menyeberang ke sisi lain dan membentuk posisi huruf Y. Coba lakukan latihan ini: Berenang menyamping. Mulailah dari posisi yang sama dengan latihan menendang di atas, dan berenang menghadap sisi tubuh Anda. Lalu, lakukan tiga kayuhan penuh ke depan, diakhiri dengan tubuh Anda yang menghadap ke kiri dan tangan kanan terjulur ke depan. Ulangi, dan tukar posisi tiap beberapa hitungan.

More to explorer

Manfaat Suplemen Nitrit Oksida Untuk Kekuatan

Manfaat Suplemen Nitrit Oksida Untuk Kekuatan

NITRIC OXIDE. Nitric oxide adalah bahan pelengkap bodybuilder. Apakah prekursor nitrat oksida benar-benar meningkatkan kekuatan atau kinerja hipertrofi? Apabila GOFITers pernah menggunakan

Cara menentukan kalori pada tubuh yang tepat

Cara menentukan kalori pada tubuh yang tepat

KALORI TUBUH. Apabile belum pernah mendengar istilah pemeliharaan kalori, berikut definisi sederhananya: jumlah total kalori yang diperlukan setiap hari untuk mempertahankan berat

Asupan karbohidrat bagi pesepeda

Asupan karbohidrat bagi pesepeda

KARBOHIDRAT PESEPEDA. Karbohidrat bagi peseda bermanfaat untuk mengatur diet: mengurangi lemak, menambah otot, dan bahkan hanya untuk mempertahankan berat badan. Namun, bagaimana

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *