10 Aturan Keselamatan Scuba Diving

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

ADA BEBERAPA RISIKO yang bisa terjadi saat menyelam. Kursus menyelam bagi pemula mungkin diperlukan. Hal ini akan memberikan informasi tentang bagaimana cara menghindari situasi berbahaya dan prosedur darurat untuk mengatasinya jika terjadi. Setiap penyelam harus memiliki setidaknya pemahaman dasar tentang apa yang harus dilakukan jika ada yang salah. Berikut adalah 10 aturan keselamatan scuba diving yang dapat dilakukan untuk meminimalkan kemungkinan kecelakaan saat menyelam.
#1 Jangan sekali-kali menahan napas
Ini adalah aturan yang paling penting. Menahan napas dalam air bisa mengakibatkan luka serius bahkan kematian. Saat penyelam menahan napasnya, dinding paru-paru akan pecah dan menyebabkan kerusakan serius pada organ. Hal ini membuat penyelam harus terus bernapas setiap saat ketika menyelam.
#2 Berlatihlah naik dengan aman
Hampir sama pentingnya dengan tidak menahan napas adalah memastikan untuk naik dengan aman. Penyelam yang dilengkapi dengan alat akan diberi peringatan jika naik terlalu cepat.
#3 Periksa perlengkapan
Di bawah air, kelangsungan hidup bergantung pada perlengkapan yangAnda gunakan. Jangan malas ketika harus memeriksa perlengkapan sebelum menyelam. PastikanAnda tahu cara menggunakan perlengkapan yang dibawa. Mayoritas kecelakaan yang dialami penyelam adalah karena mereka tidak tahu bagaimana cara menggunakan perlengkapannya tersebut.
#4 Menyelam dalam batas kemampuan
Ingatlah, menyelam seharusnya menjadi hal yang menyenangkan. Jangan pernah menempatkan diri dalam situasi yang tidak aman. Jika merasa tidak siap untuk menyelam jangan takut untuk membatalkannya karena keputusan tersebut ada pada Anda.
#5 Tetap bugar secara fisik
Sebagian besar waktu saat berada di bawah air adalah santai, namun menyelam dengan arus kuat dan cuaca yang ekstrem membuat menyelam menjadi suatu aktivitas berat. Tubuh bugar adalah salah satu kunci untuk menyelam dengan aman. Isi kuesioner medis dengan jujur dan mintalah saran pada dokter apakah Anda bisa menyelam atau tidak.
#6 Rencanakan dan selesaikan penyelaman
Meluangkan waktu untuk merencanakan menyelam dengan benar adalah bagian penting untuk memastikan keselamatan Anda di bawah air. Tidak peduli dengan siapa Anda menyelam, pastikan Anda telah menyetujui waktu dan kedalaman maksimum sebelum menyelam.
#7 Rule of Thirds
Terapkan rule of thirds untuk pengelolaan pasokan udara. Menurut peraturan ini, penyelam harus menyimpan sepertiga dari pasokan udara untuk perjalanan ke luar, sepertiga untuk perjalanan pulang, dan sepertiga terakhir sebagai cadangan keamanan. Intinya, Anda harus menyisakan cukup udara untuk naik secara perlahan dengan selamat.
#8 Gunakan sistem berkelompok
Menyelam berkelompok adalah salah satu hal yang mendukung keselamatan ketika berada di bawah air. Menyimpang terlalu jauh dari kelompok ketika menyelam bisa menjadi kesalahan sangat fatal. Ini berarti Anda harus bisa bertahan sendiri ketika mengalami masalah.
#9 Berlatih keterampilan dasar
Keterampilan dasar ini sangat penting untuk keselamatan para penyelam. Keterampilan dasar penting dalam banyak situasi darurat seperti mampu naik saat keadaan darurat, mengetahui cara menggunakan sumber udara alternatif, dan cara melepaskan selang inflator. Berlatih dan upgrade keahlian menyelam sesering mungkin. Pastikan Anda memahami cara mengatasi keadaan darurat jika terjadi.
#10 Tetapkan daya apung positif di permukaan
Pada kenyataannya 25 persen penyelam meninggal dunia karena masalah yang timbul di permukaan. Hal ini sering terjadi karena para penyelam mencoba tetap berada di permukaan sambil over-weighted. Menetapkan daya apung positif di permukaan akan menghemat energi, mencegah kelelahan dan tenggelam. Pastikan hal ini dilakukan di setiap akhir penyelaman.Tetap aman saat menyelam itu sederhana. Mengikuti peraturan ini dan pedoman pelatihan lainnya tidak hanya membuat Anda tetap aman, tapi juga memungkinkan Anda untuk rileks dan bersenang-senang.

More to explorer

Tips tidur sehat

Tips tidur sehat

Ketika lelah, kita sering meraih makanan yang tidak sehat dan berlemak? Sejumlah peneliti tidur, termasuk yang di Pusat Penelitian Nutrisi Obesitas New

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *