Perhatikan 4 Hal Penting Sebelum Membeli Kosmetik

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

PILIHAN DAN RAGAM kosmetik yang ditawarkan di pasaran memang luar biasa banyaknya. Belum lagi keberadaannya yang dibarengi beragam iklan maupun testimoni dari para pemakainya sering kali membuatnya menjadi lebih menggoda untuk dimiliki. Namun, tak semua yang ditawarkan aman untuk kulit. Dr. Susie Rendra, SpKK memberi petunjuk mempertimbangkan kosmetik yang aman dan baik bagi tubuh. Ikuti ulasannya berikut ini.
#1 Ini Prinsip Kosmetik yang Aman
Kosmetik merupakan semua bahan yang dioleskan pada kulit, bertujuan membersihkan, mempercantik, memperwangi, meningkatkan daya tarik dan mengubah penampilan. Dahulu dianggap tidak ada penyerapan bahan kosmetik melalui kulit, namun anggapan ini salah. Penyerapan tetap terjadi, meski dalam jumlah kecil. Karena kosmetik digunakan jangka panjang, maka keamanan adalah syarat mutlak.
Kosmetik dikatakan aman bila tidak menimbulkan efek sistemik (misalnya gangguan hati atau ginjal, kanker kulit), tidak mengakibatkan iritasi berlebihan pada sebagian besar orang, dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Bahan kimia berbahaya yang tidak boleh terkandung dalam kosmetik:
– Logam berat, misalnya merkuri.
– Zat korosif (terlalu asam atau terlalu basa) yang merusak kulit.
– Hidrokarbon polisiklik.
– Zat karsinogenik (berpotensi menimbulkan kanker).
– Kandungan zat teratogenik (berpotensi menimbulkan kecacatan pada janin).
#2 Langkah Memilih Kosmetik yang Aman
Pada praktiknya sangat sulit untuk memastikan tidak ada bahan berbahaya dalam kosmetik. Hampir mustahil ada produsen yang mencantumkan bahan berbahaya tersebut walaupun misalnya ada. Secara praktis, ikuti 4 langkah berikut:
– Pastikan tercantum nomor registrasi POM/DepKes. Bila tak ada, mungkin kosmetik tersebut ilegal yang mungkin mengandung bahan kimia berbahaya. Sebelum memberikan nomor registrasi, POM/DepKes melakukan serangkaian pengkajian mendalam untuk menilai efektivitas dan keamanan.
– Lihatlah apakah ada nama produsen. Hindari membeli kosmetik tanpa nama produsen karena hasil. Luangkan waktu sejenak membaca kemasan.
– Pelajari tentang kandungan bahan-bahan, cara pemakaian, frekuensi pemakaian, area tubuh yang sebaiknya dihindari, lama pemakaian yang dianjurkan, dan batasan usia.
– Lakukan pengujian pribadi terlebih dahulu untuk menghindari reaksi alergi atau iritasi berlebihan. Oleskan sedikit bahan kosmetik pada kulit di belakang telinga selama 35 hari. Bila tidak terjadi reaksi alergiatau iritasi, maka biasanya juga tidak akan terjadi reaksi pada wajah.
Yuk, lebih jeli dan cermat dalam memilih kosmetik. Kosmetik aman, hati tentram, dan kulit pun tak bermasalah.

More to explorer

Tips tidur sehat

Tips tidur sehat

Ketika lelah, kita sering meraih makanan yang tidak sehat dan berlemak? Sejumlah peneliti tidur, termasuk yang di Pusat Penelitian Nutrisi Obesitas New

Latihan kaki pemula

Latihan kaki pemula

Seringkali, kita berpikir bahwa latihan kaki tidak begitu penting atau kaki sudah terlihat “cukup kuat”. Atau mungkin … memang tidak suka melatih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *