8 Strategi Membangun Otot

WANITA mungkin ingin memiliki tubuh seksi berlekuk dengan otot-otot padat, dan tentu saja sehat. Keinginan yang sama juga dimiliki pria. Namun tentu saja bukan mendapatkan tubuh seksi berlekuk indah, namun meraih postur tubuh ideal dengan otot-otot yang kuat dan fungsional. Dan membangun otot-otot tidak semudah membalik telapak tangan. Butuh waktu dan proses untuk mewujudkannya. Jika Anda serius, berikut tujuh setrategi yang Anda manfaatkan untuk memaksimalkan pembentukkan otot.
#1 KOMITMEN LATIHAN
Tidak ada jalan pintas yang mudah untuk membangun kesehatan yang baik, kata Kent Adams, PhD, FACSM, CSCS, direktur laboratorium latihan fisiologi di California State University Monterey Bay. Anda tidak perlu berlatih seperti orang gila, mulailah dengan membuat rancangan latihan individual yang masuk akal, katanya.Paling tidak, lakukan squat dan latihan lainnya yang membuat otot paha depan dan belakang bekerja bersamaan ditambah aktivitas kardio ekstra yang akan menstimulasi kaki untuk mulai membangun otot. Lakukan latihan angkat beban lebih sering untuk meningkatkan massa otot, minimal satu minggu sekali. Untuk memaksimalkan hasilnya, manfaatkan latihan ini sebaik-baiknya, agar detak jantung dan metabolisme tetap tinggi.
#2 KELOMPOK OTOT ALTERNATIF
Tubuh terdiri dari otot besar dan otot kecil. Keduanya sangat penting untuk dilatih. Namun penelitian terbaru mengungkapkan, melatih kelompok otot besar dapat memicu proses membangun otot kecil dan memungkinkan dalam mengembangkan otot yang lebih besar. Kelompok otot besar di antaranya adalah dada, punggung, dan kaki. Pastikan melatih kelompok otot besar secara terprogram dalam satu minggu dan jangan lupa melatih otot kecil di sela-sela latihan.
#3 PASOKAN CAIRAN MEMADAI
Saat melakukan latihan, usahakan banyak minum air. Hanya sedikit orang yang memasok tubuhnya dengan jumlah air yang mencukupi, bahkan saat tidak berolahraga. Jadi, selain 8-10 gelas air direkomendasikan, disarankan Anda mengonsumsi air lebih banyak untuk memaksimalkan hasil latihan Anda.
#4 NUTRISI SEIMBANG
Pembentukkan otot membutuhkan keseimbangan yang tepat antara karbohidrat, lemak, dan protein serta banyak vitamin dan mineral, yang semuanya paling baik diserap melalui makanan. Hindari makanan padat karbohidrat, yang bisa menyebabkan kadar insulin melonjak dan menghambat hormon pertumbuhan yang memicu pertumbuhan otot. Perhatikan asupan lemak dan pastikan untuk mengonsumsi banyak buah dan sayuran kaya vitamin dan mineral.
#5 PERBANYAK PROTEIN
Jika Anda ingin membangun massa otot, kuncinya adalah protein, protein, dan protein. Otot terdiri dari protein dan diperlukan asam amino esensial yang merupakan blok protein. Rekomendasi lainnya termasuk paket makanan mentah, keju, dan kerupuk serta makanan diet beku atau kemasan yang menggabungkan pilihan kaya protein dengan karbohidrat rendah lemak dan kompleks.
#6 CUKUP TIDUR
Selain dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, depresi, dan masalah kesehatan lainnya, kurang tidur dapat menghambat hormon pertumbuhan penting untuk pembentukan otot. Penelitian terbaru juga menghubungkannya dengan masalah obesitas.
#7 GAET PELATIH
Jika membutuhkan informasi atau motivasi, pertimbangkan untuk menyewa seorang pelatih pribadi. Biaya bervariasi sesuai dengan lokasi dan pengalaman. Pastikan pelatih yang dipilih memiliki sertifikasi di bidangnya. Pilih pelatih yang menyenangkan, karena Anda akan menghabiskan setidaknya satu jam, tiap hari, seminggu bersamanya.
#8 SUPLEMEN SEBAGAI PELENGKAP
Selain hal-hal sebelumnya, Anda juga perlu mengonsumsi suplemen semacam creatine, carnitine, citulline, serta beta alanine. Suplemen tidak dimaksudkan sebagai pengganti tenaga supaya kuat maupun lebih sering angkat beban. Belakangan ini suplemen bukanlah lagi barang langka yang sulit didapatkan. Jenis dan mereknya pun semakin banyak bermunculan dipasaran. Dalam hal ini suplemen fitnes memang dibutuhkan dalam usaha pembentukan otot.Saat membentuk otot, Anda membutuhkan jumlah protein yang lebih banyak dari biasanya, dan bila hanya mengandalkannya dari makanan, tak terhitung berapa banyak makanan yang harus Anda konsumsi, bukan? Itulah gunanya suplemen, yaitu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan otot untuk berkembang.

PERINGATAN:
(1)Terlalu banyak berlatih bisa berbahaya bagi kesehatan. Perhatikan kondisi dan batasi upaya agar terhindar dari cedera.
(2)Jangan terlalu banyak mengonsumsi suplemen creatine karena suplemen ini akan diolah di dalam ginjal dan diubah menjadi molekul beracun. Ikuti trik-trik ini. Siapa tahu dalam beberapa minggu ke depan penampilan Anda makin keren dengan tubuh berotot padat. Selamat berlatih!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *