4 Manfaat Mendaki Gunung Bagi Anda

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

ANDA MUNGKIN PERNAH menonton film Wild yang dibintangi Reese Witherspoon. Film ini menceritakan pengalaman sejati Cheryl Strayed, yang melakukan pendakian di Pacific Crest Trail tanpa memiliki pengalaman yang memberikan hasil yang inspirasional.Namun terdapat banyak alasan untuk melakukan hiking ketimbang skadar momen hippie-dippy: Ilmu pengetahuan, para ilmuwan, dan pendaki sepakat jika aktivitas ini memberikan manfaat bagi kesehatan Anda, sevcara fisik maupun mental. Dan berikut empat alasan yang membuat Anda wajib mencoba aktivitas alam terbuka ini.
#1 BANTU ANDA KENDALIKAN LATIHAN
Saat ini, banyak pelatih kebugaran yang mengarahkan kliennya untuk melakukan latihan berintensitas tinggi. Namun asal Anda tahu, gaya pendekatan fast and furious ini tidak selamanya bisa bekerja untuk setiap orang. Sayangnya, saat ini, apa yang kita lihat menunjukkan bahwa Anda harus melakukan latihan sekeras mungkin, secepat mungkin, ujar Anthony Wall, direktur pengembangan profesional di American Council on Exercise.
Dengan hiking, Anda bisa memetakan sendiri jalur pendakian yang akan ditempu: Apakah itu rute yang tidak terlalu menanjak dengan pemandangan menawan atau jalur dengan lintasan tang terjal? Selain itu Anda juga bisa mengatur sendiri kecepatan dan jarak yang ditempuh. Dan tidak peduli apakah Anda memutuskan hanya melakukan pendakian setengah hari, menginap semalam di pegunungan, atau berhari-hari, Anda tidak akan menerima instruksi dari pelatih yang memaksa Anda untuk terus meningkatkan kemampuan.
#2 PAHAT OTOT TUBUH
Berjalan tegak memang bisa membantu Anda membangun otot-otot pantat. Tetapi berjalan di tanjakan terjal, menggunakan trekking pole untuk mendorong tubuh ke depan, dan memanjat batu-batu untuk mencapai titik yang lebih tinggi akan melatih otot-otot di seluruh tubuh Anda. Secara fisik., Anda akan menggerakkan seluruh tubuh, khususnya tubuh bagian bawah paha, pantat, dan hamstring, ujar Wall. Jika membawa backpack, Anda akan membuat tubuh bagian atas menunjukkan kekuatan dan ketahanannya.
#3 MEMBANGUN PERSAHABATAN
Sebuah studi yang dipublikasikan di Biology Letters menemukan, kelompok latihan yang meningkatkan ambang batas rasa sakit atau nyeri, mengindikasikan lonjakan teman terbaik atlet: endorphin. Wall menyepakati hal ini: Kita semua tahu jika dinamika kelompok sosial dan bekerja dengan orang yang berpikiran sama adalah sesuatu yang membuat seseorang merasa lebih baik. Di luar kebahagiaan yang bisa dibangun, hiking membantu Anda membangun persahabatan jangka panjang yang akan menjadikan Anda bertanggung jawab terhadap tingkat kebugaran tubuh: Pertemuan rutin mingguan atau merencanakan pendakian yang bakal berlangsung berhari-hari akan membantu Anda meningkatkan kualitas pertemanan sekaligus kebugaran tubuh. Selain itu, interaksi dengan komunitas pendaki akan memaksa Anda menjadikan aktivitas fisik sebagai bagian dari gaya hidup, bukan sekadar rutinitas. Ini akan membuat Anda terikat (dengan aktivitas fisik) dalam waktu yang lama.
#4 MENINGKATKAN MOOD
Merujuk sebuah studi yang dipublikasikan di Environmental Science & Technology, aktivitas fisik di alam di luar ruang dikaitkan dengan perasaan revitalisasi dan pikiran positif yang lebih besar, serta menurunkan ketegangan, kegelisahan, kemarahan, dan depresi. Yes, please! Untuk mereka yang bekerja di belakang meja 40 jam tiap minggi, melakukan aktivitas fisik di luar ruang akan mengatur ulang mental Anda. Ya, Anda mungkin akan membentuk otot-otot pantat saat melakukan hiking, tetapi olahraga ini memberikan Anda manfaat lebih banyak lagi dari sekadar hal tersebut. Manfaat pada mental yang diberikan hiking akan meningkatkan pengalaman dan jelas memiliki manfaat yang luar biasa pada kondisi fisik setelah Anda kembali dari petualangan baik saat kembali ke rumah atau kantor, ujar Wall.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *