5 Pilar Latihan Menghadapi IRONMAN

By:
Posted: January 9, 2019

IRONMAN merupakan salah satu kejuaraan triathlon yang menantang partisipannya untuk menunjukkan ketahanan fisik dan mental mereka. Di kejuaraan trisports ini, kontestan harus berenang sejauh 1,9 kilometer, kemudian bersepeda sejauh 90 kilometer sebelum mengakhiri lomba dengan berlari 21 kilometer.
Tahapan tersebut jelas menunjukkan jika ini adalah sebuah olahraga mengombinasikan kekuatan, kemauan, ketahanan, dan determinasi. Bukan hal mudah yang menaklukkannya. Tetapi bukan berarti hal ini akan menghadang Anda untuk menundukkannya.
Anda bisa merasa bangga menjadi triathlete, dan langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengubah sudut pandang terhadap olahraga ini, ujar juara dunia IRONMAN delapan kali dan pelatih legendaris Paula Newby-Fraser.
Anda harus mulai berpikir sebagai atlet olahraga tunggal (bukan multisport), dan memperlakukan triathlon sebagai sesuatu yang independen dan berbeda. Berikut prinsip gaya hidup dan latihan dari triathlon yang membedakannya dengan olahraga lainnya:
#1 MENGEDEPANKAN KESEIMBANGAN
Triathlon adalah sebuah olahraga, bukan sekadar kombinasi aktivitas berenang, bersepeda, dan lari. Anda harus menyeimbangkan kekuatan dan kelemahan yang Anda miliki untuk menjadi atlet yang berlatih dan dan bertanding secara menyeluruh.
#2 MENJAGA KONSISTENSI
Triathlete harus mampu merangkai jadwal pekerjaan, waktu untuk keluarga, dan sesi latihan yang menantang secara proporsional. Langkah Anda menuju garis finish dibangun dari program yang realistis dan memberikan kesempatan bagi Anda untuk melangkah lebih jauh lagi.
#3 MEMBANGUN KETAHANAN
Latihan yang Anda lakukan harus mencerminkan olahraga yang Anda geluti, dan pada dasarnya, triathlon adalah aktivitas yang menguji ketahanan Anda. Anda bisa menyimak pepatah sederhana ini: Jika Anda bisa bertahan, Anda akan berhasil.
#4 MELAKUKAN ADAPTASI
Menentukan hanya salah satu bagian dari perjalanan Anda: Seorang triathlete harus terus melakukan penyesuaian. Anda harus mengembangkan fleksibilitas intuitif
#5 UPAYA PEMULIHAN
Pelatihan yang baik menggabungkan spektrum intensitas, mulai dari latihan keras hingga istirahat dan pemulihan. Ini adalah sebuah lembah yang membuat Anda bisa menggapai puncak dan keduanya sangat penting untuk perkembangan yang sesungguhnya.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts