12 Tip untuk Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

ADA BANYAK hal sederhana yang bisa membantu Anda menguatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan banyak di antaranya yang mungkin tidak pernah Anda sangka. Seperti 12 hal berikut ini.
#1 JANGAN LUPA ISTIRAHAT
Sejumlah stres bisa menjadi sesuatu yang baik bagi Anda. Stres membantu tubuh Anda menyiapkan diri menghadapi sebuah tantangan. Tetapi jika stres terjadi dalam waktu yang lama, bisa menjadi sesuatu yang buruk. Berbagai penelitian menunjukkan, stres yang terlalu lama bisa melemahkan sistem pertahanan tubuh, Hindari jika memungkinkan. Pastikan meluangkan waktu untuk melepas lelah dan lakukan hal-hal yang Anda sukai.
#2 CARI SAHABAT TERBAIK
Ada alasan mengapa kita bisa menyebut mereka sahabat. Anjing dan binatang piaraan lainnya tidak hanya bisa menjadi teman yang baik. Mereka juga memberikan alasan bagi Anda untuk berlatih dan meningkatkan dengan cara yang lain. Pemilik binatang piaraan cenderung memiliki tekanan darah dan kadar koleterol yang lebih rendah.
#3 MEMBANGUN JARINGAN SOSIAL
Kita semua tahu jika teman itu penting. Tetapi bukan hanya itu. Hubungan sosial yang kuat juga memiliki dampak besar terhadap kesehatan Anda. Orang dengan hubungan pertemanan atau persahabatan yang sehat bisa hidup lebih lama ketimbang mereka yang jaringan sosialnya kurang kuat.
#4 LIHAT SISI POSITIF
Ketika memikirkan hal-hal yang baik, sistem pertahanan Anda bekerja lebih baik. Ingin selalu merasa bahagia? Nikmati hal-hal yang Anda sukai. Pastikan untuk melihat sisi baiknya meski di saat-saat yang sulit dan coba untuk tidak memikirkan hal-hal buruk.
#5 JANGAN SEGAN TERTAWA
Tertawa baik buat Anda. Tidak hanya membuat Anda merasa lebih baik, tetapi juga meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi menemukan, orang yang tertawa keras saat melihat video lucu, sistem kekebalan tubuhnya akan bekerja lebih baik.
#6 KONSUMSI PELANGI
Buah-buahan dan sayuran yang berwarna-warni memiliki kandungan antioksidan tinggi. Nutrisi-nutrisi ini melindungi tubuh Anda dari ancaman radikal bebas, molekul yang bisa mengganggu sel-sel di tubuh Anda.
#7 PERTIMBANGKAN HERBAL DAN SUPLEMEN
Beberapa produk herbal dan suplemen bisa membantu sistem kekebalan tubuh Anda. Namun Anda butuh melakukan sejumlah riset untuk memastikan jika produk-produk tersebut bagus untuk Anda. Dan karena produk-produk tersebut bisa berinteraksi dengan obat-obatan, pastikan dokter Anda mengetahui saat Anda ingin mencoba mengonsumsinya. Dokter bisa membantu memutuskan mana yang aman buat Anda.
#8 BUAT TUBUH BERGERAK
Olahraga adalah cara mudah untuk mendongkrak sistem kekebalan tubuh. Aktivitas fisik juga membantu Anda mengurangi stres dan membuat Anda berpeluang kecil untuk mengidap osteoporosis, penyakit jantung, dan jenis-jenis kanker tertentu. Anda akan mendapatkan manfaat kesehatan yang besar jika berolahraga minimal 30 menit tiap hari. Anda tidak perlu melakukan aktivitas fisik dengan intensitas tinggi. Semua tipe olahraga bisa membantu: Mulai dari bersepeda, berjalan kaki, yoga, berenang, atau bahkan bermain golf.
#9 TIDUR NYENYAK
Tanpa istirahat yang memadai di malam hari, sistem kekebalan tubuh Anda tidak akan memiliki kekuatan untuk menangkal ancaman penyakit. Sebagian besar orang dewasa butuh waktu tidur di malam hari 7-9 jam. Untuk mendapatkan tidur yang berkualita, Anda perlu pergi tidur di waktu yang sama secara ruguler, aktif di siang hari, menghindari kafein dan alkohol menjelang waktu tidur. Pastikan kamar tidur dalam kondisi sejuk dan beri kesempatan diri Anda untuk memulihkan diri secara sempurna dari rutinitas harian.
#10 KURANGI KONSUMSI ALKOHOL
Alkohol mungkin sering memainkan peranan penting dalam berbagai acara sosialisasi dan perayaan. Namun terlalu banyak mengonsumsinya akan melemahkan pertahanan tubuh dan menyebabkan Anda lebih sering sakit. Berapa banyak yang dianggap banyak? Lebih dari dua shot tiap hari bagi pria dan lebih dari satu shot tiap hari bagi wanita.
#11 BERHENTI MEROKOK
Maksimalkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan berhenti merokok. Jika ini harus membuat berusaha dengan keras, pastikan untuk terus bertahan (berhenti merokok). Minta nasehat dokter untuk menjadikan hal ini sebagai perubahan besar dalam hidup Anda. Selain itu, jangan lupa untuk menghindarkan diri sebagai perokok pasif.
#12 CUCI TANGAN ANDA
Singkirkan kuman dengan mencuci tangan sebelum tubuh Anda memeranginya. Gunakan sabun dan air untuk mencuci bersi tangan Anda. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan hand sanitizer (kecuali di ada banyak debu atau lumpur menempel di tangan Anda). Tidak semua hand sanitizer menyingkirkan kuman dan hal-hal buruk lainnya. Pilih yang mengandung sedikitnya 60 persen alkohol.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *