Menguasai Penggunaan Trekking Pole di Petualangan Anda

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

DALAM PENDAKIAN atau trail running yang Anda lakukan, perlengkapan ini trekking pole membantu mengurangi dampak terhadap persendian dan mencegah Anda terjatuh di lintasan yang cukup sulit dilewati. Tentu saja hal ini bisa tercapai dengan satu syarat… Anda menggunakan dengan benar dan tepat. Beberapa tip berikut ini akan membantu Anda menguasai penggunaan trekking pole saat memakainya dalam petualangan Anda.
#1 Gunakan Kedua Tongkat
Menggunakan satu trekking pole bisa menciptakan ketegangan pada salah satu sisi tubuh serta mengurangi keseimbangan tubuh saat bergerak. Karena itu, biasakan menggunakan dua trekking pole dalam petualangan Anda.
#2 Pegang dengan Tepat
Bawa tangan Anda ke atas melalui bagian bawah loop, lalu lurus ke bawah di atas tali pengikat. Ini akan membuat tali pengikat melingkar persis di punggung tangan. Hindari memegang trekking pole terlalu erat, yang bisa menyebabkan ketegangan dari lengan hingga ke leher.
#3 Atur Panjang Trekking Pole
Aturan konvensional menyarankan, posisi lengan harus tertekuk 90 derajat ketika Anda menggenggam trekking pole. Tetapi ini tidak selalu menjadi pilihan terbaik bagi semua orang. Hal yang lebih penting adalah bagaimana Anda merasa nyaman ketika menggunakan trekking pole, bukan mencari sudut yang tepat untuk lengan Anda.
#4 Sesuaikan di Perjalanan
Saat bergerak, sebaiknya sesuaikan panjang trekking pole. Perpendek ketika Anda melewati lintasan yang menanjak, dan perpanjang saat mengambil jalur menurun.
#5 Posisikan dengan Tepat
Di lintasan yang licin, posisikan trekking pole tegak ke atas dan ke bawah. Posisi trekking pole yang miring di lintasan licin akan membuatnya mudah tergelincir.
#6 Turun dengan Hati-Hati
Di lintasan yang menurun dan terjal, gunakan trekking pole untuk menahan beban tubuh sehingga Anda tidak terdorong ke pijakan yang tidak pasti.
#7 Aman Menyeberang
Perpanjang trekking pole untuk lintasan air yang dalam, dan pastikan ujungnya diposisikan dengan aman di bagian bawah sungai.
#8 Bergerak Alami
Trekking pole akan memberikan manfaat terbaiknya jika Anda bergerak atau berjalan dengan alami. Karena itu, ayunkan lengan dan langkahkan kaki dengan normal, atau alami.
#9 Bangkitkan Tubuh Bagian Utama
Jangan hanya sekedar mengayunkan lengan ke depan dan ke belakang saat Anda menggunakan trekking pole. Pastikan tubuh bagian utama (khususnya otot-otot perut) juga terlibat. Ini akan membantu tubuh Anda mengurangi tekanan yang menimpa lutut saat Anda bergerak.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *