4 Strategi Mencari Pekerjaan Baru

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

JIKA ANDA MULAI merasakan terlalu banyak hari-hari buruk yang berlangsung berturut-turut di tempat kerja kerja sekarang ini, Anda mungkin harus mulai mencurigai jika tidak sedang berhadapan dengan kondisi sementara (Baca: 5 Tanda Anda Terlalu Lama Bekerja di Sebuah Tempat). Ya, bisa jadi Anda bosan. Tapi rasa bosan saja tidak cukup menjadi alasan unuk mulai pekerjaan baru. Pastikan kebosanan Anda tidak bersifat sementara. Bukan hal yang aneh jika pekerjaan terasa membosankan dari waktu ke waktu. Karena itu, sangat penting untuk mendapatkan gambaran besarnya, papar Dawn Rosenberg McKay, pakar perencanaan karier untuk TheBalance.com. Jika Anda senang bekerja untuk perusahaan, tanyakan pada bos tentang peluang baru. Tetapi jika pekerjaan Anda tidak lagi menantang, hanya ada sedikit peluang adanya perubahan. Jika ini yang terjadi, pertimbangkan untuk mulai mencari pekerjaan baru. Empat strategi berikut akan membantu Anda mendapatkan peran baru yang tidak membosankan, memberikan tantangan, dan tentu saja, sesuai dengan keahlian dan ketertarikan Anda.
#1 Pikirkan Apa yang Sangat Anda Nikmati
Buat daftar tentang bagian dari pekerjaan saat ini yang Anda masih menikmatinya, dan tentu saja saja… bisa mengerjakannya dengan baik. Kemudian gunakan catatan tersebut untuk mencari peluang yang sejajar dengan kekuatan dan ketertarikan Anda. Mungkin peluang-peluang tersebut berada di luar perusahaan Anda saat ini. Atau dalam sejumlah kasus, Anda bisa menemukan kebahagiaan dan pemenuhan hanya dengan sedikit mengubah tim atau peranan. Tanya pada diri sendiri apakah Anda perlu meninggalkan perusahaan atau hanya mengubah departemen sudah mencukupi untuk menemukan kembali kegairahan Anda dalam bekerja, ujar Hannah Morgan, job search strategist dan pendiri CareerSherpa.net, seperti dikutip dari Prevention.
#2 Buat Daftar Keahlian Anda
Tidak perlu mulai mencari jenis pekerjaan yang sama dengan apa yang Anda lakukan saat ini. Ketimbang melakukan itu, buat daftar keahlian yang Anda miliki, dan melihat peluang seperti apa yang cocok untuk Anda. Sering kali yang terjadi, Anda mungkin menemukan pekerjaan (dengan peranan) baru di sebuah perusahaan yang tidak pernah Anda dengar sebelumnya, ujar Morgan. Melalui proses ini akan membantu Anda mengingat semua kemampuan dan keahlian yang Anda miliki dan bisa ditawarkan ke calon pemberi kerja. Untuk menguji hal ini, tanya teman atau anggota keluarga tentang pekerjaan yang perlu Anda cari, saran Morgan.
#3 Lakukan Gerakan Bawah Tanah
Bagaimana menyeimbangkan upaya mencari pekerjaan secara diam-diam ketika masih bekerja di sebuah perusahaan butuh upaya lebih, ujar Morgan. Anda perlu menjadwalkan aktivitas pencarian kerja, termasuk pertemuan untuk menjalin jaringan dan wawancara kerja, di luar jam kerja… jika memungkinkan. Dan jangan bilang ke rekan sekerja jika Anda sedang aktif mencari pekerjaan baru. Ini bisa menempatkan mereka dalam situasi yang canggung.
#4 Buka Jaringan
Strategi lainnya, saran Morgan, adalah mengembangkan daftar perusahaan (yang menjadi target Anda) yang membuka peluang bagi keahlian dan ketertarikan Anda. Kemudian perluas daftar tersebut dengan perusahaan sejenis meski mereka sedang tidak membuka lowongan pekerjaan. Namun Morgan mengingatkan agar Anda tidak terlalu banyak menghamburkan waktu untuk melihat daftar lowongan pekerjaan. Membuang terlalu banyak waktu untuk mencermati daftar lowongan efektif bukanlah strategi yang efektif karena sebagian perusahaan memprioritaskan peluang untuk kandidat dengan kualifikasi yang dibutuhkan, ujarnya. Dan hal selanjutnya yang Anda butuhkan adalah membuka jaringan.Morgan merekomendasikan membuka jaringan dengan orang yang bekerja di perusahaan yang menjadi target Anda. Tetapi ini bukan satu-satunya jalan yang harus Anda tempuh. Rosenberg McKay menyarankan untuk memulai dengan mengakses jaringan profesional Anda. Anda mungkin mengenal seseorang yang bekerja di perusahaan yang Anda minati, atau mungkin Anda mengenal seseorang yang menjadi teman seseorang yang bekerja di perusahaan impian Anda. Cermati di LinkedIn dan lihat siapa yang bisa membantu membukakan pintu.

More to explorer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *