5 Tip untuk Triathlon Pertama Anda

By:
Posted: January 3, 2019

MELAKUKAN SESUATU untuk pertama kalinya memang hal yang paling susah. Tetapi lima tip berikut ini akan membuat Anda melalui triathlon pertama dengan lebih mudah dan menjadikannya lomba yang sempurna.
#1 LATIH FASE TRANSISI
Ratusan jam waktu yang Anda lewatkan di gym, kolam renang, dan jalanan bisa berujung pada hal yang sia-sia jika Anda mengalami kegagalan dalam fase transisi. Ini adalah keahlian unik yang Anda butuhkan ketika melakukan perpindahan jenis olahraga dalam triathlon. Keahlian ini wajib Anda latih dengan intensif sebelum mengikuti lomba. Berlatihlah mengenakan sepatu lari dengan cepat, berlari sembari menuntun sepeda, dan yang lebih penting, melucuti wetsuit ketika Anda mempersiapkan diri ke fase bersepeda setelah berenang.
#2 PERIKSA AREA TRANSISI
Pastikan untuk hadir di lokasi jauh lebih awal dari jadwal lomba. Kemudian luangkan waktu untuk mengobservasi area transisi. Perhatikan tanda-tanda yang ada di sekitar area itu yang memudahkan Anda untuk menemukan sepeda Anda. Jangan lupa untuk berjalan dari area keluar fase berenang ke area transisi di mana Anda meletakkan sepeda. Lakukan hal yang sama dari pintu masuk area transisi sepeda ke pintu keluar fase berlari.
#3 KETAHUI WAKTU BERENANG ANDA
Putuskan posisi start Anda di fase berenang sebelum gun time. Jangan mengambil posisi di barisan depan kecuali Anda adalah perenang yang cepat. Anda mungkin bisa bertanya pada peserta lain mengenai catatan waktu berenang yang mereka miliki untuk mencari titik awal yang bagus. Ini akan membantu Anda menghindari barisan atlet elit yang berenang di depan Anda, mengurangi rasa sakit hati karena ego yang tertindas, dan minum air laut secara tidak sengaja.
#4 KAYUHAN MAKSIMAL
Berenang menggunakan wetsuit membuat Anda lebih mengambang di permukaan air. Ini akan membuat tubuh bawah Anda tidak bekerja terlalu keras. Ketika kaki Anda mencapai pantai, butuh waktu sedikit lama untuk memompa darah yang memadai ke otot-otot tubuh yang digunakan dalam fase bersepeda. Cara terbaik untuk memerangi sea leg bisa Anda lakukan dengan melakukan kayuhan agresif sesaat sebelum fase renang berakhir. Pastikan saja Anda membuka ruang dengan triathlete yang ada di depan dan di belakang Anda.
#5 TAMPARAN RINGAN
Untuk menghindari perasaan tidak nyaman yang dialami kaki saat Anda memulai fase berlari, karena posisi tertekuk yang lama saat di fase bersepeda, coba kayuh pedal di posisi tegak di 200 meter terakhir dan buka hip flexor serta dada Anda. Ketika mulai berlari, beri guncangan paha dan pinggul dengan tamparan ringan. Lakukan hingga Anda menemukan ritme berlari.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts