Merokok Merusak Tubuh Anda

BERHENTI MEROKOK, bagi banyak orang, mungkin bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tapi jika kebiasaan buruk ini tidak segera dihentikan, satu demi satu bagian tubuh Anda akan mendapatkan ancaman gangguan kesehatan yang signifikan. Dan berikut ini adalah tujuh bagian tubuh yang berpotensi mendapatkan gangguan jika Anda tak segera berhenti merokok.
#1 PARU-PARU
Kanker paru-paru yang 90 persen dikaitkan dengan kebiasaan merokok merupakan penyebab kematian akibat kanker terbesar di Amerika Serikat, baik pada pria maupun wanita. Merokok juga menyebabkan banyak tipe kanker lain menghampiri Anda, termasuk kanker mulut, ginjal, hati, kandung kemih, pankreas, lambung, usus, dan dubur. Selain itu, merokok adalah penyebab utama COPD (chronic obstructive pulmonary disease), sebuah kelompok penyakit yang merusak kantung udara di paru-paru.
#2 MATA
Merokok menggandakan peluang Anda mengalami penurunan fungsi indera penglihatan, sebuah kondisi yang pusat indera penglihatan yang Anda butuhkan untuk membaca, menulis, dan melihat wajah orang lain. Selain itu, Anda juga berpeluang tiga kali lipat mengidap katarak, yang menyebabkan penglihatan Anda kabur.
#3 PERSENDIAN
Nyeri dan mengalami inflamasi di persendian? Tidak perlu heran. Perokok lebih mudah terserang rheumatoid arthritis (RA). Dan pengobatan terhadap RA tidak akan berlangsung maksimal selama Anda masih merokok.
#4 ORGAN SEKSUAL
Ya, ini benar, Perokok pria lebih berpeluang mengalami ejakulasi dini. Dan makin sering Anda merokok, kondisi akan makin memburuk. Selain itu, pria perokok lebih berpeluang mengidap kanker testis dan perokok wanita lebih berpeluang mengidap kanker serviks.
#5 KULIT
Jika Anda perokok, jangan heran jika kulit Anda cepat mengeriput. Merokok mempercepat proses penuaan pada kulit Anda. Ini bisa membuat perokok berusia 40 tahun terlihat seperti bukan perokok yang berusia 70 tahun. Kerusakan ini tidak bisa diperbaiki dan bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit kulit, termasuk kanker kulit.
#6 OTAK
Jika Anda perokok, Anda berpeluang mengalami stroke tiga kali lipat. Stroke adalah sebuah kondisi pembekuan darah di otak yang bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, termasuk di dalamnya facial paralysis, penglihatan memburam, kesulitan berjalan normal, dan tidak jarang adalah kematian. Selain itu, Anda lebih berpeluang mengalami tekanan darah, yang bsia mengantar pada cerebral aneurysm. Ini terjadi ketika pembuluh darah di otak meletup.
#7 JANTUNG
Merokok perupakan salah satu penyebab utama penyebab penyakit jantung. Kebiasaan ini mengeraskan dan menyempitkan arteri, dan ini menyebabkan darah mengental dan menggumpal. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *