7 Penyebab Rambut Anda Rontok

KERONTOKAN RAMBUT bukan hanya masalah pria, namun juga persoalan wanita. Terdapat beragam cara untuk menangani masalah ini. Semua tergantung kasusnya. Berikut sejumlah alasan mengapa hanya terdapat sedikit rambut yang menempel di kepala Anda.
#1 TERLALU BANYAK VITAMIN A
Menurut American Academy of Dermatology, terlalu banyak mengonsumsi vitamin A dari suplemen atau obat bisa memicu kerontokan rambut. Kebutuhan harian vitamin A orang dewasa dan anak di atas usia empat tahun adalah 5.000 International Units (IU). Suplemen bisa mengandung 2.500-10.000 IU.
#2 KURANG PASOKAN PROTEIN
Jika kurang mendapatkan pasokan protein, tubuh Anda akan merasiokan hal ini dengan menghentikan pertumbuhan rambut, ujar American Academy of Dermatology. Hal ini bisa terjadi 2-3 bulan setelah merosotnya konsumsi protein. Untuk menghindarinya, konsumsi makanan yang menjadi sumber protein seperti ikan, daging, dan telur. Jika Anda tidak mengonsumsi produk hewani, Anda bisa mendapatkan protein dari sumber-sumber nabati.
#3 STRES EMOSIONAL
Kerontokan rambut akibat stres secara emosional mungkin tidak separah dampak yang disebabkan stres secara fisik. Tetapi, ini bisa terjadi. Misalnya saat Anda stres akibat perceraian, kehilangan orang yang disayangi, dan sebagainya.
#4 ANEMIA
Nyaris satu dari 10 wanita usia 20-49 mengalami anemia akibat kekurangan zat besi, yang bisa menyebabkan kerontokan rambut. Dokter akan melakukan cek darah untuk memastikan apakah Anda menderita anemia jenis ini. Sebagai tambahan, gejala lain dari anemia adalah kelelahan, sakit kepala, pening, kulit pucat, serta tangan dan kaki yang dingin.
#5 KEKURANGAN VITAMIN B
Meski ini jarang terjadi, kekurangan vitamin B bisa memicu kerontokan rambut. Seperti anemia, suplementasi bisa membantu Anda mengatasi problem ini. Demikian pula dengan pola makan Anda. Cari vitamin B alami dari ikan, daging, sayuran, dan buah-buahan yang tidak berasa asam.
#6 BERAT BADAN YANG TURUN DRAMATIS
Turunnya berat badan secara dramatis bisa menyebabkan trauma fisik yang membuat menipisnya rambut di kepala. Ini bisa terjadi meski turunnya berat badan itu mungkin baik bagi Anda. Ada kemungkinan, penurunan berat badan tersebut menyebabkan stres bagi tubuh atau pola makan yang kurang benar menyebabkan kekurangan vitamin serta mineral.
#7 STEROID
American Academy of Dermatology mengemukakan, jika Anda menggunakan anabolic steroid yang digunakan sejumlah olahragawan untuk menebalkan otot bisa menyebabkan rambut rontok. Doping ini memberikan masalah bagi tubuh seperti yang dilakukan oleh penyakit polycystic ovary (PCOS) atau gangguan keseimbangan kadar hormonal, karena memiliki mekanisme yang sama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *