Strategi Nutrisi di Hari “H” Lomba Lari

PASTIKAN MENERAPKAN strategi nutrisi ini di hari H lomba lari yang Anda ikuti untuk meraih performa maksimal dan bebas nyeri otot setelah mengayunkan kaki.2-3 Jam Sebelum LombaPasok tubuh Anda dengan karbohidrat (1-2 gram untuk tiap kilogram berat badan Anda). Pertimbangkan jenis karbohidrat yang melepaskan senergi secara perlahan dan bertahap. Jangan lupa konsumsi protein dalam jumlah sedang (25-30 gram). Ini akan memberi kesempatan bagi Anda untuk mencerna keseluruhan makanan tersebut, sehingga Anda memiliki energi yang berkesinambungan. Plus… Anda meminimalisasi risiko mengalami ketidaknyamanan di lambung saat sedang berlari.
30-60 Menit Sebelum Lomba
Jika Anda tidak memiliki kesempatan untuk mengonsumsi makanan pre-run, pastikan untuk mengudap cemilan pendongkrak energi sebelum mengayunkan kaki. Artinya, Anda wajib mengonsumsi karbohidrat (yang memiliki skor indeks glikemik tinggi) dalam porsi kecil. Alasannya? Makanan jenis ini akan dikonversi tubuh dengan cepat menjadi glukosa yang menjadi sumber energi tanpa menyebabkan masalah pada lambung saat Anda berlari.
Dalam 30 Menit Setelah Finish
Mulailah melakukan proses pemulihan: Konsumsi porsi kecil karbohidrat untuk menggantikan energi yang hilang (glikogen di otot), protein untuk memperbaiki otot, dan cairan untuk rehidrasi (minuman pemulih tenaga buatan sendiri dan smoothie adalah pilihan yang bagus.
1-2 Jam Setelah Finish
Ini hidangan wajib Anda: Makanan berbahan dasar karbohidrat akan mengembalikan isi gudang bahan bakar tubuh Anda di otot dan hati. Menambahkan protein (25-30 gram) akan membantu Anda meminimalisasi nyeri otot yang terjadi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *