10 Bawaan Wajib Anda Saat Mendaki Gunung

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

JIKA INGIN pendakian yang dilakukan semakin nyaman dan memberikan pengalaman terbaik pada petuangan yang Anda lakukan, jangan pernah lupa untuk membawa 10 hal berikut ini dalam perjalanan Anda.
#1 SEPATU YANG LAYAK
Untuk pendakian berdurasi singkat, atau maksimal satu hari, yang tidak melibatkan beban yang banyak atau rute yang teknikal, sepatu trail sudah cukup memadai. Tetapi untuk pendakian yang berdurasi lebih lama, dengan beban bawaan yang berat, hiking boot akan memberikan dukungan yang lebih memadai.
#2 PETA DAN KOMPAS ATAU GPS
Peta dan kompas tidak hanya menunjukkan di mana dan seberapa jauh Anda melangkah, tetapi membantu mencari tempat berkemah, sumber air, dan rute darurat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pendakian. Meskipun GPS sangat membantu, selalu bawa peta dan kompas.
#3 CADANGAN AIR
Tanpa pasokan air yang memadai, otot-otot dan organ di tubuh Anda tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Mengonsumsi terlalu sedikit air tak hanya membuat Anda kehausan, tapi mendorong terjadinya hypothermia and dan penyakit ketinggian (altitude sickness).
#4 MAKANAN EKSTRA
Makanan ekstra akan membuat Anda bertahan lebih lama dalam pendakian jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi: tersesat, menikmati keindahan alam hingga lupa waktu, cedera, atau menghadapi lintasan yang sulit. Makanan ekstra bakal menjaga tingkat energi dan moral Anda.
#5 PAKAIAN EKSTRA ANTIHUJAN
Karena cuaca susah ditebak, menggunakan pakaian secara berlapis (layering system) memudahkan Anda untuk menyesuaikan diri dengan dengan perubahan cuaca dan tingkat aktivitas yang dilakukan. Dua hal yang harus Anda pastikan: Hindari pakaian berbahan katun (yang menahan kelembaban di kulit dan selalu selalu membawa topi.
#6 SAFETY ITEM
Korek api, senter, dan peluit wajib menemani pendakian Anda. Hangatnya perapian dan minuman panas membantu mencegah hypothermia. Selain itu, api merupakan sinyal permintaan bantuan yang efektif saat Anda tersesat. Selain itu, peluit juga berperan lebih efektif untuk meminta bantuan ketimbang teriaan Anda.
#7 PERTOLONGAN PERTAMA
Bawa perlengkapan pertolongan pertama yang berisi obat-obatan dan berbagai macam keperluan pendukukungnya. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, perlengkapan ini akan banyak membantu Anda.
#9 SUNGLASSES
Anda butuh sunglasses untuk melindungi mata dari terpaan sinar matahari secara langsung. Selain itu, Anda membutuhkan sun screen untuk mencegah sunburn.
#10 DAYPACK ATAU BACKPACK
Anda butuh sesuatu yang bisa mengangkut semua kebutuhan yng diperlukan dalam pendakian dan nyaman dipanggul. Tapi sebaiknya daypack atau backpack yang memiliki fitur yang memberikan kemudahan dan perlindungan ketika menggunakannya. Jangan lupa, sebaiknya daypack atau backpack Anda memiliki rain cover.

More to explorer

5 Cara Bebas dari Gangguan Kesehatan

HARI-HARI selalu berada di bawah ancaman bahaya, mulai dari smartphone yang berdering ketika sedang mengemudikan kendaraan hingga gambar porno kiriman teman yang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *