6 Alasan Mengapa Anda Harus Memperkokoh Engkel

JIKA MEMILIKI HOBI BERLARI, Anda pasti memahami betapa berharganya kaki dan telapak kaki yang Anda miliki. Tetapi Anda pun harus ingat, engkel juga membutuhkan perhatian yang sama besarnya.Engkel dan telapak kaki memainkan peran vital dengan apa yang terjadi di rantai kinetik ketika Anda berlari, Dr. Marci Goolsby, dokter di Hospital for Special Surgery di Womens Sports Medicine Center, New York City, seperti dikutip dari Runners World. Sangat penting untuk membereskan semua masalah di engkel dan memastikannya selalu simetris dan seimbang.Berikut, sejumlah hal yang dibeberkan Goolsby dan dua pakar lainnya dan apa yang Anda dapatkan jika Anda memberikan perhatian terhadap engkel.
#1 MENCEGAH TERKILIR
Sebagian besar cedera engkel yang yang terjadi diklasifikasikan sebafai inverse, yang berarti telapak kaki Anda berputar ke dalam. Sekitar 80 persen cedera engkel masuk kategori ini, ujar Dr. Steven Weinfeld, Chief of Foot and Ankle Surgery di Icahn School of Medicine, Mount Sinai.
Ini bisa terjadi ketika Anda salah melangkah ketika berlari (atau bahkan berjalan) yang menempatkan telapak kaki persis berada di bawah engkel. Memiliki otot yang kuat di sekitar engkel (karena engkel bukan otot) bisa membantu Anda mencegah cedera seperti ini, yang biasanya disebut terkilir atau keseleo.
Ketika Anda salah melangkah dan ligamen berputar, otototot di luar engkel bisa melawan dan mencegah perputaran, papar Weinfeld. Otototot Anda bisa dilatih untuk melindungi engkel dari cedera.
#2 MEMERANGI ACHILLES DAN POSTERIOR TRIBAL TENDINITIS
Ini adalah dua akibat cedera yang biasa terjadi ketika telapak kaki Anda berputar ke dalam: Achilles and posterior tibial tendinitis. Jika kaki Anda cenderung pronate atau menggulung ke dalam), hal ini menempatkan tekanan yang tidak semestinya pada tendon.Hal yang berulangulang terjadi ini bisa menyebabkan robekanrobekan kecil (disebut juga tendinitis), Dr. John Jachimiak, DPM FACFAS di Boulder County Foot & Ankle. Kondisi ini bisa merusak Achilles dan posterior tibial, tendon yang melekat di otot betis hingga tulang yang berada di dalam telapak kaki.
#3 MELINDUNGI SENDI YANG BERDEKATAN
Engkel yang lemah dan tidak simetris bisa menempatkan stres pada sendi yang berdekatan, termasuk lutut, pinggul, dan punggung bawah, ujar Weinfeld. Jika sesuatu tidak bekerja atau kurang normal di rantai kinetik dan Anda meminta tubu melukan olahraga asimetris seperti lari, Anda berpotensi mengalami cedera, ungkap Goolsby.
#4 MENINGKATKAN PERFORMA ATLETIK
Sebagian besar orang termasuk atlet elit memiliki engkel dengan kekuatan yang kurang memadai, ujar Jachimiak, yang menegaskan jika menyangkut lari, otototot yang kuat di seputar engkel sama dengan tenaga, kelincahan, dan mobilitas yang luar biasa.
#5 MENDONGKRAK AYUNAN KAKI
Memiliki engkel yang kokoh ketika berlari bisa membantu tumit mendarat dengan semestinya dan memastikan ayunan kaki yang tepat, ujar says Weinfeld. Ini akan menjaga kesempurnaan dan keselarasan postur tubuh Anda ketika berlari.
#6 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN SEPATU YANG BERBEDA
Ada takaran kekuatan tertentu yang dibutuhkan untuk berjalan menggunakan high heel, kata Weinfeld. Memiliki otot yang kuat di seputar engkel akan mengurangi risiko engkel menggulung ketika mengenakan sepatu seperti ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *