Kunyit Bantu Dongkrak Memori Anda

BANYAK ORANG yang jarang melatih memorinya. Mereka hanya membiarkannya apa adanya. Memang, tanpa melatih memori, urutan huruf alfabet mungkin tidak akan terlupa. Namun, untuk mengingat informasi lainnya, seseorang mungkin harus menggunakan teknik tertentu agar dapat mengingatnya dengan mudah dan akurat.
Ada berbagai teknik untuk meningkatkan memori seseorang. Sejumlah program atau kelas pun telah dibuka bagi yang ingin meningkatkan memorinya. Selain itu, ada cara lainnya yang lebih mudah, yakni dengan mengonsumsi makanan tertentu. Makanan apakah itu?
Kunyit Pendongkrak Memori Anda
Anda bisa memulainya dengan mengonsumsi kunyit. Menurut lamanwww.rodalewellness.com, rempah-rempah yang biasa ditemukan di banyak masakan kari ini telah terbukti dapat meningkatkan daya ingat dan kognisi dalam waktu satu jam. Fakta ini bersumber dari sebuah studi menarik yang diterbitkan dalamJournal of Psychopharmacology.Studi tersebut mengeksplorasi efek dari salah satu bahan aktif kunyit yang dikenal sebagai kurkumin pada enam puluh orang dewasa sehat berusia 60-85 tahun. Studi ini memang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kunyit terhadap memori jangka pendek dan jangka panjang atau efek kognitif.
Dilakukan di Swinburne University of Technology di Melbourne, Australia, penelitian tersebut menilai efek kurkumin dalam berbagai rentang waktu. Hanya dalam satu jam setelah mengonsumsi kurkumin, misalnya, peserta menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan pada memori dan perhatian. Setelah total empat minggu, orang yang mengonsumsi kunyit melaporkan bahwa tingkat energi mereka telah naik. Hal ini juga tecermin dalam suasana hati mereka, yang telah meningkat pesat. Peserta juga memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah setelah mengonsumsi suplemen kurkumin.
Kunyit dan Alzheimer
Bahkan, pasien Alzheimer dengan gejala parah, termasuk demensia, mudah tersinggung, agitasi, cemas, dan apatis, menunjukkan hasil terapeutik yang sangat baik saat mengonsumsi kurkumin dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal medis Jepang. Ketika peserta mengonsumsi kunyit 764 miligram dengan kandungan kurkumin 100 miligram per hari selama dua belas minggu, pasien Alzheimer mulai pulih dari gejala penyakitnya tanpa reaksi buruk terhadap aspek klinis dan data laboratorium.
Setelah tiga bulan pengobatan, gejala pasien dan ketergantungannya pada perawat secara signifikan menurun. Setelah satu tahun pengobatan, dua pasien mampu mengenali anggota keluarga mereka. Dalam salah satu kasus, orang tersebut mendapat peningkatan 17 persen pada nilai Mini-Mental State Examination(MMSE) yang mereka ikuti.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *