5 Mesin Pembakar Lemak di Gym Anda

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

DI DALAM GYM ANDA terdapat sejumlah mesin pembakar lemak yang sebetulnya bisa membantu upaya Anda menyingkirkan gumpalan-gumpalan yang tidak diinginkan dari tubuh. Namun seringkali fungsi mesin-mesin latihan tersebut tidak berjalan dengan efektif karena kekeliruan yang Anda lakukan. Jika Anda bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi, mesin-mesin tersebut akan efektif membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan lemak.
1 TREADMILL
#Gerakan Anda
Kesalahan Anda: Ayunan kaki yang kacau dan kurangnya kemampuan menjaga keseimbangan tubuh. Ini akan membuat letih persendian, dan tentu saja Anda sendiri… dalam waktu singkat.
Cara membenahi: Tingkatkan fleksibilitas untuk memperhalus ayunan kaki Anda. Coba leg swing berpegangan di handlebar, berdiri dengan tumpuan satu kaki, dan ayunkan kaki yang bebas ke depan-belakang sembari menjaga tubuh atas Anda diam atau tak bergerak. Ini akan melemaskan otot-otot Anda sekaligus memberikan pemanasan, yang akan membuat kaki Anda lebih lentur.
#Latihan Anda
Kesalahan Anda: Terlalu banyak berlari dalam durasi panjang, kecepatan tetap, dan lintasan yang rata.
Cara membenahi: Berlari jarak pendek dengan usaha keras, kombinasikan berbagai kecepatan, dan variasikan sudut lintasan yang ditempuh. Anda akan membuat capek otot dan energi Anda keluar dengan cepat. Ini membuat latihan yang Anda lakukan makin efisien membakar lemak dan akan terus bekerja sepanjang hari meski Anda sudah selesai berlatih. Mulai dengan mengatur sudut kemiringan treadmill di angka 2 persen. Setelah melewati bebeberapa sesi singkat hingga sudut kemiringan treadmill berada di angka 10 persen (Anda bisa berjalan di titik ini). Intinya, makin intensif latihan yang Anda lakukan, bisa jadi durasinya bakal makin pendek.
2 ROWING MACHINE
#Gerakan Anda
Kesalahan Anda: Tangan Anda membentur lutut Anda dan semua rangkaian gerakan kemudian menjadi kacau.
Cara membenahi: Pikirkan gerakan mengayuh sebagai tarian. Lakukan hitungan 1-2-3 dan 3-2-1. Di hitungan 1, dorong kaki Anda; di hitungan 2 lakukan ayunan ke atas dengan mencondongkan tubuh ke belakang; dan di hitungan 3, tarik lengan Anda menuju bagian bawah tulang rusuk Anda. Kemudian lakukan gerakan balik: di hitungan 3, luruskan lengan; di hitungan 2, ayunkan tubuh ke depan dengan pinggul sebagai poros;, dan di hitungan 1, bawa kaki ke atas setelah pegangan melewati lutut Anda. Lakukan dengan gerakan yang mengalir secara lancar.
#Latihan Anda
Kesalahan Anda: Latihan berdurasi lama dengan pengerahan tenaga yang konsisten. Cara ini mungkin akan membuat Anda tak bisa mempertahankan tenaga dan kesempurnaan gerakan di sepanjang sesi latihan.
Cara membenahi: Dengan mematok resistensi di tingkat menengah, lakukan 4-6 set yang berdurasi 10 menit tiap setnya. Lakukan istirahat 2-3 menit di antara masing-masing set. Detak jantung Anda tak akan merosot dan Anda bisa melakukannya lagi dalam kondisi segar.
[page-break]
3 ELLIPTICAL TRAINER
#Gerakan Anda
Kesalahan Anda: Resistensi yang digunakan terlalu kecil. Sejumlah orang bahkan bergerak terlalu cepat. Ini membuat momentum gerakan yang seharus terjadi justru malah saling bertabrakan.
Cara membenahi: Atur tingkat resistensi dengan tepat. Jika ingin melakukan revolusi, Anda pasti ingin merasakan dorongan dengan pengerahan tenaga untuk menekan pijakan Anda ke bawah di mesin ini. Saat keseimbangan Anda meningkat, bebaskan tangan Anda dari pegangan yang ada. Ayunkan di samping tubuh seperti saat Anda berjalan atau berlari. Cara ini akan membuat otot bagian utama tubuh Anda bekerja lebih keras guna mempertahankan keseimbangan.
#Latihan Anda
Kesalahan Anda: Terjebak pada rutinitas latihan yang membosankan.
Cara membenahi: Lakukan interval. Metode ini akan membuat Anda bisa mencapai intensitas tinggi dalam durasi yang panjang. Coba lakukan upaya maksimal selama 90 detik tiap beberapa menit sekali. Setelah itu istirahat 1,5 menit. Saat tingkat kebugaran Anda meningkat, kurangi waktu pemulihan.
4 STATIONARY BIKE
#Gerakan Anda
Kesalahan Anda: Posisi sadel yang Anda duduki terlalu rendah atau terlalu tinggi. Kaki akan lebih cepat capek jika posisi sadel terlalu rendah. Posisi sadel yang terlalu rendah juga meningkatkan stres pada lutut. Sementara mengatur posisi sadel terlalu tinggi akan membuat pinggul Anda berguncang-guncang saat mengayuh pedal. Dan tentu saja posisi tidak membuat Anda nyaman, kurang efisien, dan membuat gerakan Anda terlihat aneh.
Cara membenahi: Atur ketinggian sadel Anda. Duduk di sadel dan dan tempatkan tumit Anda di bagian tengah pedal, lokasi yang biasanya ditempati ujung kaki Anda. Anda harus memastikan kaki Anda benar-benar lurus ketika pedal berada di posisi terbawah. Saat menggerakkan kaki pada posisi yang benar di pedal, Anda akan memperoleh sudut tekukan yang yang tepat.
#Latihan Anda
Kesalahan Anda: Bermain dengan kecepatan kayuhan yang sama sepanjang sesi latihan.
Cara membenahi: Variasikan intensitas Anda. Misal: Lakukan kayuhan berintensitas tinggi selama 2-3 menit, kemudian lakukan pemulihan selama 3 menit. Lakukan hal ini secara berulang-ulang selama 15 menit. Sesekali lakukan pengayuhan pedal sembari berdiri. Berdiri memerlukan lebih banyak otot yang bekerja. Tak hanya untuk mengayuh pedal, tetapi juga untuk menyokong dan mempertahankan keseimbangan tubuh Anda.
5 STAIRCLIMBER
#Gerakan Anda
Kesalahan Anda: Banyak orang dan mungkin juga Anda cenderung untuk membantu gerakan mereka mendaki atau mempertahankan keseimbangan di mesin ini dengan menumpukan lengan serta tangan mereka di railing. Jangan pernah memposisikan lengan Anda lurus ke bawah, menumpukan tangan di railing, dan mengunci siku. Anda akan terlihat seperti pria cacat yang menggunakan tongkat tumpuan.
Cara membenahi: Istirahatkan lengan dan tangan di railing atau bar hanya untuk membantu mengembalikan keseimbangan. Gerakan yang sempurna dilakukan dengan tubuh tegak, dengan posisi sedikit condong ke depan. Posisi yang sama seperti ketika Anda melangkah di tangga berjalan.
#Latihan Anda
Kesalahan Anda: Resistensi latihan yang Anda pilih terlalu minimal.
Cara membenahi: Bergeraklah lebih lambat, namun dengan tingkat resistensi yang menantang. Ini akan membuat Anda bekerja keras, detak jantung Anda akan meningkat, dan Anda akan bisa memelihara waktu Anda di training zone lebih lama. Hasilnya, Anda akan membakar lebih banyak lemak.

More to explorer

5 Cara Bebas dari Gangguan Kesehatan

HARI-HARI selalu berada di bawah ancaman bahaya, mulai dari smartphone yang berdering ketika sedang mengemudikan kendaraan hingga gambar porno kiriman teman yang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *