Aturan Dasar untuk Mulai Berlari

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

JIKA ANDA adalah seseorang yang baru memulai aktivitas berlari dan ingin menjadikannya sebagai rutinitas, terlalu banyak informasi yang masuk ke kepala justru bisa membuat Anda bingung. Jadi kami ingatkan, bagian paling pentingnya adalah hasrat Anda untuk berlari. Jadi… jangan melibatkan diri dalam informasi (mengenai aktivitas berlari) yang terlalu detil. Ini akan memastikan Anda terus mengayunkan kaki. Setelah itu, beberapa hal berikut ini mungkin bisa Anda pertimbangkan.
Pertama, cari sepasang sepatu lari yang sesuai. Anda bisa mendapatkannya di specialty running store yang berada di kota Anda. Minta petugas di toko tersebut untuk memberikan nasehat dan mencarikan sepatu yang sesuai dengan karakter kaki Anda, dan mungkin juga gaya berlari Anda. Sepatu yang sesuai merupakan investasi yang terbaik ketika Anda ingin memulai aktivitas berlari karena mereka menyodorkan kenyamanan dan mengurangi risiko cedera.
Perlengkapan lain yang mungkin bisa membantu aktivitas baru Anda ini adalah running watch. Alat ini memungkinkan Anda memantau perkembangan aktivitas fisik yang Anda lakukan. Sementara bagi Bagi wanita, sangat penting untuk memiliki sport bra yang layak.
Setelah itu, putuskan kapan Anda akan berlari, dan pastikan komitmen Anda. Kapan artinya hari dan pukul berapa Anda berencana untuk berlari. Menuliskannya di kalender adalah salah satu cara terbaik untuk memulai. Mereka yang berlatih di pagi hari cenderung memiliki konsistensi lebih baik, dan tentu saja mempunyai tingkat keberhasilan lebih tinggi. Melakukan latihan di awal hari mengurangi gangguan terhadap aktivitas berlari Anda, yang mungkin bisa tertunda atau batal jika Anda melakukannya di periode waktu yang lain karena adanya komitmen lain yang tidak bisa Anda tinggalkan.
Rencanakan pula kemana Anda akan berlari. Berlari di lingkungan tempat tinggal adalah hal yang paling nyaman jika itu memungkinkan. Selalu pertimbangkan masalah keamanan di urutan teratas. Atau, Anda bisa pergi ke gym dan menggunakan treadmill atau indoor track.
Ini juga yang Anda harus tahu, sebuah rancangan latihan akan sangat membantu dan menyediakan panduan serta struktur untuk meningkatkan kemampuan berlari Anda. Berlarilah tiap dua hari sekali atau 3-4 kali tiap minggu, dengan satu hari istirahat untuk memulihkan diri usai sesi latihan. Durasi sesi lari Anda bisa bervariasi, dari beberapa menit hingga 30 menit, tergantung tingkat kebugaran Anda.Anda bisa memulai program berlari dengan berjalan kali, atau menggunakan kombinasi lari-jalan kaki. Berjalan kaki di awal pengondisian sangat diperlukan. Ini akan merangsang jantung dan paru-paru serta memulai penguatan otot, tendon, ligamen, tulang, persendian, dan jaringan terhubung. Lakukan jalan kaki dengan tujuan: Anda harus merasakan pernapasan dan detak jantung Anda meningkat, yang membuat Anda mengetahui telah berada di jalur yangbenar tanpa merasa tidak nyaman.Program lari-jalan kaki sama dengan menyelipkan interval berdurasi pendek dalam aktivitas jalan kaki Anda. Anda bisa melakukan ini dalam jangka waktu berapapun sesuai dengan tingkat kebugaran. Berlari selama 30 detik atau beberapa menit. Ketika interval berlari selesai, berjalan selama 1-3 menit untuk memulihkan diri. Ketika Anda sudah pulih, ulangi lagi rangkaian fase tadi. Beri waktu diri Andada beberapa minggu untuk beradaptasi di tiap tingkat intensitas sebelum meningkatkan durasi interval berlari Anda.
Jika Anda mulai bisa berlari secara konstan, atur kecepatan mengayunkan kaki yang bisa Anda pertahankan selama beberapa menit, dan Anda harus bisa melakukan perbincangan saat berlari. Jika Anda tidak bisa berbicara, perlambat kecepatan Anda karena Anda mengayunkan kaki terlalu cepat. Secara bertahap tingkatkan kemampuan Anda tiap beberapa minggu sekali.Terakhir, jika Anda masih butuh nasehat, garis start lomba lari mungkin akan memberikan Anda rancangan latihan yang lebih spesifik. Selamat mengayunkan kaki.

More to explorer

5 Cara Bebas dari Gangguan Kesehatan

HARI-HARI selalu berada di bawah ancaman bahaya, mulai dari smartphone yang berdering ketika sedang mengemudikan kendaraan hingga gambar porno kiriman teman yang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *