Tingkatkan Kemampuan Memanjat Anda

PANJAT TEBING atau dinding sedang menjadi rutinitas baru Anda? Beberapa tip dari speed climber Leo Houlding berikut ini akan membantu Anda untuk naik lebih tinggi dan kembali turun dengan selamat.
#1 JANGAN ABAIKAN LATIHAN KAKI
Banyak orang berpikir Anda perlu melakukan 100 pullup untuk meningkatkan kemampuan memanjat. Padahal fakta yang sebenarnya justru berlawanan. Fondasi teknik yang membangun kemampuan panjat tebing atau dinding adalah memindahkan beban tubuh ke kaki. Tidak heran jika wanita memanjat lebih baik ketimbang pria di fase-fase awal: Karena mereka tidak memiliki kekuatan tubuh atas seperti pria sehingga para wanita harus memaksa diri menggunakan teknik yang bagus. Anda tidak bisa menarik atau mengangkat tubuh ke atas hanya dengan menggunakan kekuatan lengan saja. Fokuskan diri Anda memaksimalkan tubuh bagian bawah untuk mengendalikan pusat keseimbangan tubuh.
#2 PENINGKATAN SECARA BERTAHAP
Saya mungkin bagian dari generasi terakhir yang mengawali secara tradisional, melakukan pemanjatan di tebing dengan tingkat kesulitan ringan. Dari situ saya meningkat untuk mencoba tingkat kesulitan yang menantang, dari tebing yang makin terjal hingga yang butuh kemampuan teknik untuk menaklukkannya. Namun sekarang ini banyak papan panjat indoor yang mudah diakses kapanpun dan apapun cuaca yang terjadi di luar. Cari mitra latihan dan mulailah memanjat. Tidak ada alasan untuk tidak memulai.
#3 INGAT, ANDA BUKAN SPIDERMAN
Salah satu keahlian utama yang harus dimiliki pemanjat adalah mengurangi risiko bahaya: Melakukan hal yang berisiko dengan tingkat keselamatan seaman mungkin. Mulai memanjat dengan tingkat kesulitan ringan. Tingkatkan terus kemampuan Anda. Ini adalah cara Anda secara fisik dan mental secara bersamaan.
#4 IKUTI JALUR
Estetika pemanjatan sangat penting. Semua ini tentang mengikuti jalur menciptakan rute di sepanjang tebing dan mengikutinya. Kadang-kadang sangat licin dan kompleks, tidak jarang sangat jelas dan menyolok. Itu bukan satu-satunya yang terbaik, karena meski Anda bukan seorang pemanjat, Anda masih bisa melihat keindahan dalam sebuah rute pemanjatan.
#5 DUKUNGAN DI LUAR PEMANJATAN
Menjadi semakin baik dalam pemanjatan juga tergantung apa yang Anda lakukan ketika tidak berada di tebing atau papan panjat. Saya tidak begitu mengatur pola makan. Namun saya tahu, keseimbangan pola makan yang melibatkan protein, karbohidrat, buah, dan sayuran segar itu sangat penting. Saya juga berlatih dengan sirkuit ketahanan. Selain itu saya bersepeda gunung untuk latihan kardiovaskular dan kekuatan kaki.
#6 APA LANGKAH SELANJUTNYA?
Anda harus tanamkan satu hal di pikiran: Apa yang akan saya lakukan selanjutnya? Tidak peduli apakah tebing itu setinggi 800 meter atau 10 meter, semuanya selalu tentang hal tersebut. Bisa jadi itu tentang di mana pegangan berikutnya. Apakah Anda bergerak naik atau turun. Di mana Anda akan menempatkan kaki. Sehingga Anda menjadi sangat fokus pada gerakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *