3 Kebiasaan yang Bisa Anda Terapkan Sebelum Berlatih

KERAP TERBANGUN saat tidur di malam hari? Rasa pening yang Anda rasakan di kepala bisa menurunkan kecepatan dan waktu reaksi, yang berdampak pada performa Anda saat berlatih keesokan harinya. Penelitian menunjukkan, kurangnya waktu tidur pada atlet berdampak negatif pada performa mereka. Apa cara paling sederhana untuk merebut kembali energi Anda? Tiga kebiasaan akan membantu Anda mempertahankan performa ketika berlatih, atau bahkan berlomba.
#1 JANGAN LUPA MINUM
Meski hanya dehidrasi ringan, kondisi ini bisa mengganggu performa dan membuat Anda lebih mudah lelah dan gampang tersulut emosi. Pastikan Anda menenggak air sebelum dan sesudah latihan yang berdurasi kurang dari 60 menit.
Jika lebih dari durasi tersebut, lengkapi isi botol Anda dengan cairan yang mengandung elektrolit dan karbohidrat, ujar pelatih kekuatan dan pengondisian Annie Dohack di Complete Human Performance. Minum ketika Anda berlatih, demikian setelahnya.
Dua jam sebelum tidur, minum sekitar 500 mililiter air dingon, yang akan menurunkan suhu tubuh Anda sehingga bisa tidur lebih cepat, namun tetap memberi kesempatan buang air kecil.
#2 KONSUMSI CEMILAN
Jika intensitas atau durasi latihan Anda bertambah, tingkatkan pula pasokan makanan ke tubuh Anda. Jika ini tidak Anda lakukan, tubuh dan pikiran Anda akan mudah menyerah. Jika aktivitas dan nutrisi yang masuk ke tubuh tidak sebanding, ini adalah alasan mengapa Anda merasa sangat lelah, ujar Krista Scott-Dixon, Ph.D., ahli nutrisi di Precision Nutrition.
Orang yang tidak mengonsumsi makanan secara memadai juga dilaporkan mengalami masalah tidur dan terbangun lebih awal dari yang diinginkan, ujarnya. Ini terjadi karena kandungan glikogen dalam hati kurang, membuat adrenalin menendang lebih awal, yang membuat Anda terbangun dari tidur.
Pastikan mengonsumsi cemilan yang kaya kandungan karbohirat dan protein untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan dalam, ujar Christopher Winter, M.D. Namun pastikan mengudapnya dua jam sebelum waktu tidur, tegasnya. Waktu konsumsi yang terlalu dekat dengan jam tidur bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang jutru mengganggu tidur Anda.
#3 KONDISIKAN PIKIRAN ANDA RELAKS
Rutinitas sehari-hari yang padat serta stres yang Anda alami bisa menggandakan risiko cedera (atletik), ujar para peneliti dari University of Missouri. Kemampuan Anda untuk berkompromi dengan stres seperti rekening bank Anda, ujar Doug Kechijian, terapis fisik di Resilient Performance PT, New York City. Hal-hal penyebab stres lari jarak jauh atau kesibukan pekerjaan mengurangi isi rekening Anda. Jika terlalu berlebihan, mental Anda akan mudah merosot atau memiliki risiko cedera lebih besar.Scott-Dixon dan Dohack merekomendasikan Anda agar melakukan hal-hal yang merelakskan pikiran seperti meditasi, yang telah terbukti mengurangi stres dan kegelisahan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *