3 Strategi Menyempurnakan Pushup Anda

PUSHUP ADALAH GERAKAN LATIHAN sederhana yang memiliki kemampuan melatih otot-otot di sekujur tubuh Anda. Latihan klasik ini mampu membangun kekuatan, dada berotot, bahu kekar, dan lengan dengan definisi otot tegas. Namun begitu, sedikit saja kesalahan teknik yang Anda lakukan ketika memperagakan gerakan latihan ini, akan membuatnya tidak efektif bagi tubuh dan tentu saja… meningkatkan risiko cedera. Untuk memaksimalkan hasil pushup yang Anda lakukan, simak tiga hal berikut ini.
#1 Problem: Tubuh Bagian Utama Lemah
Cara membenahi: Lakukan PLANK
Gerakan latihan seperti plank meningkatkan ketahanan tubuh bagian utama (yang meliputi perut, pinggul, dan dan punggung bawah) yang penting untuk membangun satabilitas ketika melakukan pushup. Berapa lama kemampuan Anda menahan posisi atas pushup klasik adalah indikasi sejauh mana kekuatan dan ketahanan tubuh bagian utama Anda. Otot-otot yang lemah di bagian ini akan membuat pinggul Anda mudah merosot saat melakukannya. Hal ini akan mengubah sudut persendian dan bagaimana otot-otot tubuh Anda bekerja. Mengubah sudut atau posisi pinggul bisa meningkatkan risiko cedera dan mengurangi hasil latihan. Selipkan plank dalam rutinitas sesi latihan Anda, 1-2 kali seminggu, 3-4 set dengan durasi waktu menahan posisi selama yang Anda bisa.
#2 Problem: Otot Paha Lemah
Cara membenahi: Lakukan SQUAT
Anda boleh percaya, juga boleh tidak: Otot-otot paha memiliki pengaruh besar terhadap performa pushup. Jika otot-otot paha lemah, akan sulit bagi Anda untuk menahan lutut dalam posisi lurus ketika melakukan pushup. Ketidakmampuan melakukan hal ini akan menyebabkan Anda mengunci lutut. Dan menahan lutut dengan kondisi ini akan mengantar Anda pada dua hal: Berkurangnya aliran darah ke otot yang membutuhkan dan tentu saja, berkurangnya otot yang bekerja. Otomatis hal ini akan mengurangi hasil latihan. Dan mengangkatnya, akan mengubah sudut pinggul, yang akan membuat Anda melengkungkan punggung bawah dan meningkatkan risiko cedera. Selipkan squat dalam rutinitas sesi latihan Anda, 1-2 kali seminggu, 3-5 set dengan 8-10 repetisi.
#3 Problem: Penempatan Tangan Kurang Tepat
Cara membenahi: Terus BERLATIH
Anda beruntung, ini adalah masalah yang mudah untuk dibenahi. Mulailah dengan menempatkan lutut dan tangan di lantai. Pastikan menempatkan tangan persis di bawah bahu. Luruskan kaki ke belakang, ambil posisi awal pushup dan tahan. Dalam posisi ini, seharusnya tangan Anda tetap berada di bawah bahu. Ini adalah awal yang bagus. Tapi ada bagian tambahan yang mungkin agak susah untuk dicerna. Bayangkan kedua telapak tangan Anda ada di atas gundukan pasir atau beras dan coba untuk menggenggamnya. Langkah ini akan mengaktifkan otot-otot di lengan bawah dan tangan, yang meningkatkan kemampuan Anda mendorong ke atas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *