6 Strategi Cerdas Dapatkan Tubuh Ideal

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn

RUTINITAS ANDA di gym mungkin tidak terbantahkan. Tetapi apakah hasilnya sesuai dengan segala upaya yang telah Anda lakukan? Dan tahukah Anda, sebenarnya kunci sukses untuk memaksimalkan hasil latihan adalah keseimbangan. Ini bukan keseimbangan posisi tubuh saat Anda hanya bertumpu pada satu sisi, tetapi tentang pola latihan yang mengedepankan keseimbangan.
Apa itu? Anda sudah berlatih di ruang angkat beban dan berlari di treadmill saat pergi ke gym hari ini? Itu belum cukup, selain juga belum efektif. Sebagai langkah awal, Anda harus berhenti berpikir bahwa Anda pergi ke gym hanya untuk mengangkat beban atau berlatih kardio. Anda harus paham, latihan yang sempurna seharusnya merupakan sebuah kombinasi yang melibatkan enam komponen yang semuanya harus dilakukan secara seimbang.
Strategi latihan ini mudah dipraktekkan dan mengurangi pemanfaatan waktu di gym secara efisien. Namun… Anda akan berlatih lebih efektif dan tepat untuk meraih tujuan: Tubuh ideal! Apakah saja itu?
#1 Menyiapkan Tubuh Anda
Strategi Anda: Lakukan pemanasan dengan gerakan yang akan menggerakkan lebih banyak serat otot dalam latihan Anda. Langkah ini akan membantu Anda meningkatkan massa otot.
Durasi: 5 menit.
Strategi Latihan: Singkirkan pola pemanasan klasik yang masih Anda terapkan. Jika hanya sekadar ingin panas, Anda bisa berendam di bak mandi yang berisi air panas. Saran kami, lakukan kalistenik. Cara ini tak hanya memanaskan syaraf yang menghubungkan otak ke otot Anda, tapi juga membantu Anda mampu melakukan semua rangkaian gerakan secara penuh sebelum menambah berat badan.
#2 Perkokoh Tubuh Anda
Strategi Anda: Perbaiki area yang bermasalah di tubuh Anda untuk mengurangi titik-titik lemah dan memangkas risiko cedera.
Durasi: 4 menit.
Strategi Latihan: Jika merasakan persendian atau otot Anda terasa nyeri, segera temui ahli terapi fisik. Selain itu, jangan lupa untuk melatih otot-otot gluteus pantat dan otot-otot scapular yang melibatkan rhomboid, trapezius, serratus anterior, dan pectoralis minor. Ingat, kelemahan di area ini merupakan tanda bahaya untuk pinggul, lutut, dan bahu Anda. Segera perbaiki untuk mematikan alarm tanda bahaya yang menyala. Mungkin lima, 10 tahun, atau bahkan 50 tahun ke depan, tubuh Anda akan berterima kasih tiap kali bangun tidur di pagi hari.
#3 Perkuat Bagian Utama Tubuh
Strategi Anda: Perkokoh bagian utama tubuh pinggul, perut, dan punggung bawah untuk menyingkirkan risiko cedera. Seperti tim sepakbola, tubuh yang sehat membutuhkan bagian tengah yang kokoh. Selain itu, wanita selalu menganggap pria yang memiliki perut sixpack adalah sosok menggairahkan.
Durasi: 8 menit.
Strategi Latihan: Bagian utama tubuh pinggul, perut, dan punggung bawah adalah area yang harus dinomorsatukan jika Anda ingin mencegah cedera dan meningkatkan performa fisik. Untuk hasil terbaik, garap area ini di awal sesi latihan Anda ketika Anda masih memiliki energi dan fokus untuk melakukan upaya terbaik.
#4 Latih Kelompok Otot Besar
Strategi Anda: Angkat beban lebih banyak dalam waktu yang singkat untuk meningkatkan massa otot secara maksimal dari bagian tubuh yang Anda inginkan.
Durasi: 30 menit.
Strategi Latihan: Aktivitas angkat beban adalah bagian paling vital dari proses pembentukan dan penguatan otot. Lakukan latihan rutin Anda dengan sistem set bolak-balik. Lakukan satu latihan, istirahat satu menit, dan beralih ke gerakan lainnya. Lakukan secara bergantian hingga Anda menyelesaikan semua set untuk masing-masing gerakan. Setelah itu baru pindah ke pasangan gerakan latihan yang baru. Strategi ini akan membuat Anda bisa menyelesaikan 15-20 set dalam 30 menit. Cara ini cukup memberikan rangsangan terhadap pertumbuhan otot, yang 90 persennya ditawarkan oleh latihan-latihan seperti squat, deadlift, dip, chinup, row, dan press.
#5 Maksimalkan Pembakaran Lemak
Strategi Anda: Tambahkan satu sesi latihan kardio yang biasa digunakan membakar lemak untuk mendapatkan tubuh berotot padat.
Durasi: 4 menit.
Strategi Latihan: Anda pasti sudah tak asing lagi dengan latihan interval yang mungkin akan memaksa Anda berlari dengan upaya maksimal, istirahat, dan kemudian mengulanginya lagi. Pola itu akan membakar banyak lemak di tubuh Anda. Tapi ada opsi lain: Lakukan squat, chinup, atau pushup selama 20 detik, istirahat 10 detik, dan ulangi lagi. Lakukan secara bergantian selama 4 menit. Teknik ini meningkatkan metabolisme tubuh dan kekuatan Anda. Peneliti Jepang menemukan, manfaat kardiovaskular dari strategi ini setara dengan kegiatan bersepeda selama 30 menit.
#6 Jangan Hanya Berpikir untuk Saat Ini
Strategi Anda: Kurangi rasa sakit akibat latihan agar sesi latihan Anda berikutnya bisa berlangsung maksimal.
Durasi: 9 menit.
Strategi Latihan: Sediakan waktu beberapa menit untuk melakukan peregangan dan meningkatkan kualitas fascia jaringan yang melindungi serat otot Anda. Cedera, penggunaan secara berlebihan, atau ketidakaktifan dalam periode yang lama bisa menyebabkan fascia saling membelit dan melekat. Tapi jika Anda foam roll untuk menekan titik-titik yang lunak, lilitan akan terlepas dan darah mengalir lebih lancar melalui jaringan tersebut.

EVENT

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *