Tingkatkan Kecepatan Berlari 10K Anda

LATIHAN UNTUK LOMBA LARI 10 K bukanlah hal yang mudah. Ini tidak masuk kategori sprint, sehingga berlari jarak pendek di lintasan bukanlah hal yang krusial. Namun ini juga tidak masuk kategori half-marathon atau bahkan marathon, sehingga berlatih lari di jarak yang jarak jauh tidak akan begitu bermanfaat. Namun yang pasti, ketika mengikuti lomba lari 10K ayunan kaki Anda harus cepat, namun tidak terlalu cepat, yang bisa membuat tubuh Anda menyerah sebelum melintas garis finish. Dengan latihan dan nutrisi yang benar serta pola pikir yang tepat, Anda bisa berlari lebih cepat. Ini hanya masalah bagaimana mengetahui cara mewujudkannya. Dan berikut ini yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan berlari Anda di lomba lari 10K.
#1 BANGUN KONSISTENSI
Waktu tempuh Anda di lomba tidak akan pernah meningkat jika Anda tidak berlatih. Namun jangan lakukan latihan lari jarak jauh atau aktivitas fisik berintensitas tinggi tiap hari. Lakukan olahraga rutin tiap hari yang cukup untuk membuat tubuh Anda bergerak, meski hanya 10-15 tiap hari. Manfaat terbesar akan Anda dapatkan dari berlari secara rutin, baik itu tiap hari atau dua hari sekali. Hindari efek samping yang negatif karena melakukannya secara berlebihan, baik dari segi fisik maupun mental.
#2 MANFAATKAN TANJAKAN
Kecuali Anda pelari profesional, berlatih di lintasan lari (track) tidak terlalu Anda butuhkan. Hal yang Anda butuhkan adalah, lintasan lari yang menawarkan tanjakan. Medan lari seperti ini akan semua yang Anda butuhkan untuk berlari lebih cepat di 10K. Cari lintasan menanjak yang butuh waktu sekitar satu menit untuk ditempuh. Setelah melakukan pemanasan selama 15 menit, berlarilah secepat mungkin ke puncak lintasan, berputar balik, dan lakukan lari ringan untuk kembali ke posisi awal. Lakukan 6-10 kali. Di akhir latihan, cari lintasan lari dengan sudut kemiringan 10 derajat, dan lakukan sprint.
#3 PAKSA KEMAMPUAN ANDA
Anda memang tidak harus berlari secara maksimal tiap hari. Tetapi setidaknya sekali dalam satu minggu, paksakan tubuh Anda untuk berlatih secara maksimal. Anda tidak akan pernah tahu sejauh mana kemampuan Anda hingga memaksanya menuju batas.
#4 JAGA BERAT BADAN
Berat badan memegang peran penting menyangkut kecepatan berlari di lomba lari 10K. Pertahankan berat badan ideal untuk mengurangi resistensi ketika berlari. Namun pastikan energi Anda tetap terisi penuh ketika berlari atau mengikuti perlombaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *