8 Manfaat Bersepeda yang Bisa Anda Dapatkan di Luar Kebugaran Fisik

ANDA PASTI SUDAH memahami jika bersepeda adalah aktivitas fisik yang memiliki banyak manfaat. Namun apakah Anda juga tahu jika mengayunkan kaki di pedal sepeda juga memberikan banyak manfaat lain di luar kebugaran fisik? Berikut delapan manfaat bersepeda yang akan membuat Anda makin sehat, lebih bahagia, dan selalu terpacu untuk bersepeda lagi… lagi… lagi.
#1 Makin Cerdas
Sebuah penelitian yang dilakukan Charles Hillman pada 2007 menunjukkan, olahraga meningkatkan kemampuan otak dan mencegah Alzheimers hadir lebih dini. in Di tahun yang sama, Dr. Phil Tomporowski menunjukkan, anak-anak mendapatkan manfaat positif dengan bersepeda. Olahraga, seperti halnya bersepeda, bisa membantu mengendalikan masalah seperti ADD.
#2 Pemulihan Lebih Cepat
Sebuah penelitian menemukan, pasien nyeri lutut dan osteoarthritis lanjut usia terbukti meningkat kondisinya saat bersepeda diselipkan sebagai aktivitas rutin mereka. Hal ini membuktikan, ketika makin bertambah, menyempatkan waktu berolahraga meski hanya mengayuh pedal sepeda beberapa menit tiap hari bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.
#3 Meningkatkan Kesehatan Jantung
Bersepeda baik untuk kesehatan jantung Anda. Sebuah penelitian di Medicine & Science in Sports & Exercise melakukan studi selama lima tahun untuk mengamati aktivitas 1.500 subyek. Mereka yang sehari-hari aktif, risiko mengembangkan kondisi tekanan darah diri lebih rendah 31 persen dibanding orang-orang yang kurang aktif secara fisik.
#4 Atmosfir Seksi
Ini kabar terbaik: Anda bukan satu-satunya orang yang beranggapan celana ketat adalah sesuatu yang seksi. Survei yang dilakukan The British Heart Foundation terhadap 600 pria dan wanita menemukan, pesepeda dianggap lebih cerdas dan keren ketimbang yang lainnya. Selain itu, 23 persen mengemukakan jika pesepeda menjadi pilihan kencan buta mereka.
#5 (nyaris) Bebas Lemak
Bukan hal yang mengejutkan jika penurunan berat badan adalah salah satu manfaat terbesar rutinitas bersepeda. Media sering memromosikan jika diet adalah satu-satunya cara untuk memangkas lemak, namun pengetahuan menunjukkan sebaliknya. Sebuah penelitian menunjukkan, wanita usia pertengahan yang mengidap diabetes hanya bisa menurunkan kadar lemak visceral jika melibatkan aktivitas fisik bersama diet mereka. Hal yang sama juga terbukti pada para wanita usia muda.
#6 Menurunkan Risiko Kanker
Menjaga berat badan ideal, rutin berolahraga, dan menerapkan pola makan sehat membantu menurunkan risiko ancaman kanker. Sebuah studi di Journal of the American Medical Association mengamati setidaknya 14.000 pria dan menyimpulkan, mereka yang memiliki tingkat kebugaran tinggi ketika menjelang usia pertengahan, memiliki risiko kanker paru-paru dan kolorektal yang rendah.
#7 Kepercayaan Diri Tinggi
Bukan hal yang mengejutkan jika olahraga, secara umum dan bersepeda secara khusus, membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda. Aktivitas fisik membuat tubuh melepaskan hormon pembangun suasana hati yang bisa membuat Anda merasa bisa menaklukkan dunia.
#8 Hidup Lebih Lama
Merujuk sebuah penelitian yang dilakukan terhadap pembalap-pembalap sepeda Tour de France, bersepeda terbukti meningkatkan masa hidup seseorang. Secara rata-rata, para pesepeda profesional memiliki usia hidup hingga 81,5 tahun, sementara populasi umum hanya 73,5 tahun. Bisa dibilang, usia hidup pesepeda 17 persen lebih lama dari populasi umum. Penelitian lain menyebutkan, meski hanya melakukan bike commuting, mereka yang beralih dari penggunaan mobil ke sepeda sebagai alat transportasi, masih mendapatkan tambahan usia 3-14 bulan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *