10 Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal Anda

GINJAL ADALAH SALAH SATU bagian terpenting dalam tubuh manusia. Membersihkan racun dalam darah dan mengatur keseimbangan garam dan air dalam tubuh adalah sebagian fungsi ginjal. Ginjal juga bekerja dalam memproduksi sel darah merah, menyeimbangkan tekanan darah, dan mencegah infeksi.Maka, penting untuk menjaga kesehatan ginjal dan menjalani pola hidup sehat mengingat fungsi ginjal yang sangat vital. Mengutip dailyusefulinfo.com, berikut ini adalah 10 kebiasaan yang bisa merusak ginjal.
#1 Mengonsumsi Obat Penghilang Rasa Nyeri
Kebiasaan buruk yang dimiliki banyak orang adalah mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri karena ia mengalami sakit ringan. Padahal, obat penghilang rasa sakit dapat merusak organ tubuh, seperti ginjal, bila dikonsumsi terlalu banyak. Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan, mengonsumsi pil penghilang rasa Nyeri untuk jangka waktu yang lebih lama mengurangi aliran darah dan memperburuk fungsi ginjal.
#2 Terlalu Banyak Mengonsumsi Protein
Mengonsumsi makanan kaya protein dan daging merah secara berlebihan dapat memperburuk kondisi ginjal. Diet kaya protein pada dasarnya sehat kecuali jika Anda telah menderita kerusakan ginjal. Asupan protein terlalu banyak melalui makanan juga meningkatkan beban metabolik pada ginjal.
#3 Merokok
Rokok mengandung banyak zat berbahaya. Kebanyakan orang berpikir merokok hanya merusak paru-paru. Faktanya, racun dalam rokok dapat menyebar ke organ tubuh lainnya melalui darah, seperti ginjal. Ginjal pun harus bekerja ekstra untuk mengeluarkan racun dalam darah.
#4 Mengonsumsi Sodium Terlalu Banyak
Ketika kita makan garam yang berlebihan, ginjal tetap sibuk mengeluarkan sodium. Hal ini menyebabkan stres jangka panjang pada ginjal.
#5 Mengabaikan Flu dan Pilek
Kebiasaan yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal adalah mengabaikan flu dan pilek. Studi menunjukkan, orang yang memiliki riwayat menghindari istirahat saat sakit, berpotensi besar menghadapi gangguan ginjal.
#6 Mengonsumsi Kafein Secara Berlebihan
Tekanan darah tinggi membuat ketegangan pada ginjal sehingga dapat merusaknya, dan kafein dapat meningkatkan tekanan darah.
#7 Menenggak Alkohol
Alkohol penuh dengan racun sehingga bisa menekan ginjal kita sehingga merusaknya.
#8 Kualitas Tidur yang Buruk
Pada malam hari saat Anda tidur, jaringan organ tubuh memperbaiki diri. Jadi, setiap kali Anda tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik, proses pembaruan terganggu, mengakibatkan kerusakan pada ginjal dan organ tubuh lainnya.
#9 Kurang Minum Air
Penyumbang terbesar kerusakan ginjal kita sehari-hari ialah tidak cukup minum air. Jika tubuh tidak terhidrasi dengan benar, aliran darah ginjal menurun sehingga terjadi akumulasi racun dalam darah.
#10 Menahan kencing
Menahan kencing terlalu lama dapat berdampak buruk pada organ tubuh, terutama ginjal, kandung kemih, dan saluran urine. Jika kebiasaan buruk ini terus dilakukan, hal ini dapat menyebabkan gagal ginjal.Jika Anda masih melakukan beberapa hal di atas, kini sebaiknya dikurangi atau tidak lagi dilakukan. Jika ginjal sehat, Anda pun terhindar dari urusan cuci darah yang sangat mahal dan merepotkan, bukan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *