5 Tip untuk Hari Lomba di IRONMAN Pertama Anda

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

IRONMAN LANGKAWI 2018 akan berlangsung akhir pekan ini, Sabtu, 17 November 2018. Ya, momen yang Anda tunggu telah tiba — hari lomba IRONMAN di kategori full distance akhirnya berada di depan mata. Anda mungkin telah berlatih keras untuk hari H ini selama tiga bulan, dan bahkan mungkin memimpikannya dalam dua minggu terakhir sebelum berlomba Bagi mereka yang sudah sering mengikutinya, kegelisahan yang muncul mungkin tidak seberapa. Tetapi bagi mereka yang pertama kali berpartisipasi, apa yang akan dihadapi masih samar-samar. Baca lima tip berikut ini untuk membantu Anda melintas garis finish dan ingat, mental yang siap jauh lebih penting ketimbang kondisi fisik Anda.

#1 Nikmati Hari H

Anda hanya akan pernah memiliki satu lomba IRONMAN (full distance) yang pertama. Kegairahan dan energi bisa membangun demam pamggung di hari lomba setelah latihan intensif selama berminggu-minggu yang Anda lakukan. Banyak detil dan hal-hal kecil yang harus diperhatikan tiba-tiba menjadi masalah besar di hari H. Luangkan waktu 1-2 menit untuk melihat sekeliling dan menikmati hari yang akan Anda lalui. Ambil napas dalam-dalam dan pikirkan, Ya, akhirnya saya berada di sini. Kenangan seperti ini sama berartinya dengan medali penamat yang Anda dapatkan setelah menyelesaikan lomba. Sekali lagi, lihat sekaliling dan rasakan pengalaman yang Anda dapatkan. Dan ingatkan diri Anda, semua latihan dan kerja keras Anda telah terbayar. Kini Anda berdiri di garis start, berpartisipasi di IRONMAN.

#2 Komitmen Menuntaskan Lomba

Ini mungkin nasehat yang perlu Anda dengarkan: Latihan telah dilakukan dan kini saatnya sektor mental mengambilalih untuk memastikan Anda fokus mencapai garis finish. Anda mungkin kehilangan kacamata renang, mengalami kendala ban bocor, atau lupa dengan rancangan nutrisi selama berlomba. Tetapi apapun situasi yang Anda alami, Anda mempunyai sebuah pilihan apakah semua itu akan menghentikan langkah Anda atau Anda akan mencari cara untuk melanjutkan hingga garis finish? Pastikan memusatkan mental Anda pada apa yang bisa dilakukan untuk keluar dari permasalahan dan berupaya mencapai garis finish.

#3 Tetap Melangkah ke Depan

Bagi atlet profesional, target mereka adalah menjadi triathlete pertama yang mencapai garis finish. Tetapi untuk partisipan dari kelompok umur, petualangan di hari lomba adalah melawan waktu yang terus bergulir dan finish sebelum cut off time. IRONMAN (full distance) adalah lomba berdurasi panjang yang menguras ketahanan. Ingat, berlari lebih cepat ketimbang berjalan kaki, joging lebih cepat ketimbang berjalan kaki, dan berjalan kaki lebih cepat ketimbang berhenti. Pastikan terus bergerak ke depan.

#4 Berlomba di Kemampuan Anda

Selama berlomba di IRONMAN, Anda akan melihat beragam tipe orang, mulai dari yang profesional, yang berlomba di kelompok umur, hingga mereka yang baru pertama kali berpartisipasi, yang masing-masing rata-rata ingin mencatatkan personal best. Tiap partisipan mempunya cerita yang membuat mereka berada di garis start termasuk Anda dan tidak ada dua kisah yang sama. Kecuali Anda adalah pemenangnya, selalu ada yang lebih dari Anda di hari lomba. Jadi untuk memaksimalkan performa Anda di lintasan, pastikan berlomba dengan rencana yang telah Anda rancang. Pastikan merayakan apa yang Anda capai di hari lomba tanpa mengkhawatirkan performa triathlete lainnya.

#5 Senyum, Bersikap Baik, dan Ucapkan Terima Kasih

IRONMAN adalah salah satu lomba ketahanan paling berat di muka bumi. Dengan sekitar 2.000 peserta saat lomba dan ratusan relawan belum termasuk keluarga dan teman yang menjadi penonton Anda akan memiliki banyak kesempatan berinterkasi dengan mereka yang berada di sekitar Anda. Dan ingat, bersikap emosional (pemarah) justru membuang energi Anda. Lebih baik Anda memfokuskan diri mencapai garis finish. Camkan di benak Anda, para relawan telah bekerja keras sepanjang hari untuk membantu Anda melintasi garis finish. Jadi, berikan mereka senyuman dan sampaikan rasa terima kasih Anda. Selain itu, penelitian juga menunjukkan, tersenyum melepaskan endorphin yang membantu Anda meredakan rasa nyeri.

More to explorer

5 Cara Bebas dari Gangguan Kesehatan

HARI-HARI selalu berada di bawah ancaman bahaya, mulai dari smartphone yang berdering ketika sedang mengemudikan kendaraan hingga gambar porno kiriman teman yang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *