Tingkatkan Teknik Berenang Anda

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn

SUDAH MENJADI RAHASIA UMUM jika sebagian besar triathlete tidak begitu menyukai swim leg saat mengikuti lomba triathlon. Anda mungkin menghabiskan waktu untuk berenang tiap minggu, tapi kecuali jika Anda adalah perenang profesional berenang gaya bebas selama 30 menit, bahkan lebih bisa jadi hal yang mengintimidasi. Bagaimana mungkin Anda keluar dari air dan masih menyisakan energi untuk fase bersepeda dan lari?

Percaya atau tidak, beberapa teknik sederhana bisa mendongkrak performa Anda di dalam air secara signifikan. Ketika teknik berenang Anda menjadi lebih baik, efisiensi Anda juga meningkat. Dan, semakin efisien Anda melakukannya, maka semakin sedikit energi yang Anda habiskan, ujar Erica Sheckler, co-owner Endurance Multisport serta pelatih tingkat 1 tim USA Triathlon dan pelatih tingkat 2 US Master Swimming. Sheckler membagi tipnya untuk membantu Anda melaju semakin cepat di air.

#1 Tendangan Dari Pinggul

Apakah Anda sering menendang di air untuk maju sama seperti Anda menendang bola sepak? Jika ya, hentikan hal tersebut mulai sekarang. Menendang dari lutut tidak akan membuat Anda maju dengan baik. Sebaliknya, jaga agar kaki Anda tetap lurus dan rileks.

Lakukan latihan ini: Berenanglah dengan posisi pusar menghadap ke sisi sebelah kanan. Julurkan tangan kiri Anda dan tempatkan tangan kanan Anda di pusar. Pastikan tangan Anda yang terjulur miring sedikit ke bawah namun tetap sejajar dengan bahu.

#2 Jaga Leher Selalu Rileks

Berdiri dan lihatlah ke depan begitulah seharusnya posisi kepala Anda ketika berenang. Jangan melihat ke atas atau justru terlalu tunduk kedua posisi tersebut akan mengubah postur tubuh Anda dan menciptakan resistansi tambahan ketika di air.

Lakukan latihan ini: Selipkan bola kecil seperti bola golf di bawah dagu Anda saat berenang. Cobalah untuk berenang tanpa menjatuhkan bola tersebut. Berhasil? Berarti Anda sudah mendapatkan postur berenang yang tepat.

#3 Putar Badan Anda

Jika pusar Anda selalu menghadap ke dasar kolam ketika berenang, berarti kemungkinan besar Anda menempatkan beban yang tidak perlu di bahu Anda. Ketuka melaju di air, putar tubuh Anda bolak-balik bentuk sudut sekitar 45 derajat menghadap tiap sisi. Hal tersebut akan menambah jangkauan Anda, sekaligus menggunakan lebih banyak pusat tubuh Anda selama membelah air. Pastikan lengan dan tangan Anda sejajar dengan bahu tidak menyeberang ke sisi lain dan membentuk posisi huruf Y.

Lakukan latihan ini: Berenang menyamping. Mulailah dari posisi yang sama dengan latihan menendang di atas, dan berenang menghadap sisi tubuh Anda. Lalu, lakukan 3 kayuhan penuh ke depan, diakhiri dengan tubuh Anda yang menghadap ke kiri dan tangan kanan terjulur ke depan. Ulangi, dan tukar posisi tiap beberapa hitungan.

EVENT

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *