9 Aturan Nutrisi untuk Para Triathlete Pemula 

By:
Posted: January 29, 2018

STRATEGI NUTRISI yang tepat akan membantu tubuh Anda untuk berkompromi dengan semua aktivitas fisik (renang, sepeda, dan lari) yang Anda lakukan ketika melakukan triathlon. Pakar nutrisi Lauren Antonucci akan membeberkan sembilan aturan dasar soal nutrisi untuk triathlete pemula yang ingin memaksimal latihan mereka. Apa saja itu? Simak sembilan aturan berikut ini yang bisa Anda terapkan di lomba triathlon berikutnya, seperti Herbalife Bali International Triathlon 2018 yang akan berlangsung akhir pekan ini!
#1 Lakukan Pencatatan
Lakukan pencatatan apa saja yang Anda makan selama 3-5 hari, setidaknya dua kali dalam setahun, untuk pemeriksaan realitas nutrisi. Melihat kebiasaan Anda melalui catatan mungkin bisa menjadi petunjuk apa yang terlewatkan atau hal yang berlebihan.
#2 Konsumsi Karbohidrat
Pastikan mengonsumsi karbohidrat, di sebagian besar hidangan yang Anda santap, sebelum dan sesudah berlatih.
#3 Buah dan Sayur
Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayur. Anda mungkin sudah terlalu sering mendengar hal ini. Tetapi karena kesibukan dan lain sebagainya, makanan ini mungkin kerap terabaikan. Konsumsi 2-3 porsi buah dan 4-6 porsi sayuran tiap hari untuk mengoptimalkan berat badan dan pasokan nutrisi ke tubuh.
#4 Realistis untuk Menurunkan Berat Badan
Kehilangan 2-3 kilogram dalam 56 minggu adalah hal yang normal, tetapi tidak untuk memangkas lima kilogram berat badan dalam dua minggu. Jika Anda ingin mengurangi berat badan, lakukan secara bertahap. Namun pastikan tubuh Anda cukup mendapatkan pasokan nutrisi. Dan jangan dipedayai oleh iklan atau suplemen penurun berat badan.
#5 Pemulihan Sempurna
Konsumsi setengah gram karbohidrat untuk tiap 450 gram berat badan Anda, dan 1520 gram protein dalam 30-60 menit setelah sesi latihan atau lomba berakhir.
#6 Ikuti Aturan 10 Persen
Pastikan mengikuti aturan 10 persen, tidak peduli apa nutrisi yang Anda konsumsi atau sasaran kesehatan Anda. Sederhananya, 10 persen kalori harian Anda bisa berasal dari minuman keras, makanan penutup, atau makanan pencuci mulut. Ini Anda bisa menenggak wine, mengudap kepingan cokelat, atau melahap es krim tanpa merasa bersalah, tetapi masih masuk dalam rancangan nutrisi Anda.
#7 Cemilan Sehat
Rancang cemilan sehat Anda! Dua menit tiap hari sudah cukup memadai untuk mengemas dua cemilan sehat. Ini akan menghindarkan Anda dari kelebihan kalori dari cemilan yang tidak Anda siapkan sendiri.
#8 Batasi Lemak dan Serat
Hindari makanan kaya lemak dan serat di makan malam sebelum hari lomba dan makan pagi di hari lomba untuk meminimalisasi beban di lambung saat Anda berlomba.
#9 Sarapan Pagi
Konsumsi makan pagi 2-3 jam sebelum lomba untuk memastikan tubuh Anda mendapatkan kalori yang memadai dan mencernanya sebelum Anda tiba di garis start.

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Related Posts