Friday, 24 November 2017

Trik Agar Kembali Semangat Ketika Malas Berlari

Spread the love

ADA KALANYA rasa malas datang tak diundang kepada seseorang. Saat rasa malas datang, seseorang yang mengalaminya enggan melakukan kebiasaannya. Tak terkecuali untuk urusan berlari. Bagaimana ya, caranya menumbuhkan semangat ketika malas berlari? Mengutip www.runtothefinish.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa malas tersebut.

Tantang diri Anda
Menantang diri sendiri berarti mencoba keluar dari ‘zona nyaman’. Tanamkan dalam benak GOFITers untuk selalu memacu dan menantang diri sendiri. Jika, misalnya, terbiasa berlari 5 kilometer, coba untuk berlari 7 kilometer.

Variasikan
Boleh juga GOFITers melakukan sprint yang diselingi dengan lari santai berulang kali (latihan interval). Cara lainnya bisa dengan memilih rute berlari yang berbeda, mengikuti lomba lari, dan sebagainya. Rute yang berbeda bisa melatih kekuatan dan daya tahan tubuh. Pilihlah tempat-tempat menarik, seperti taman kota, pinggir danau, atau pasar. Gerakan yang bervariasi saat berlari juga bisa mencegah kebosanan, misalnya melompat atau naik-turun tangga.

Baca Juga: 6 Aturan untuk Menentukan Total Jarak Berlari Mingguan

Nikmatilah
Terkadang masalahnya adalah terlalu membebani diri sendiri. Cobalah sesekali jangan berfokus pada catatan waktu berlari GOFITers. Olahraga tidak mesti menjadi target yang dibebankan kepada pelakunya. Olahragawan selayaknya menikmati olahraga yang digelutinya, termasuk yang bukan atlet profesional. Nikmatilah kegiatan berlari GOFITers dan yakinlah manfaat positif akan didapat. Mendengarkan musik favorit sambil berlari juga bisa membantu GOFITers lebih menikmati kegiatan berlari. Tempo lagu pun dapat diisesuaikan, mau lebih cepat, lambat, atau sedang.

Lari bareng
Jika GOFITers rutin berlari sendiri, cobalah lakukan beramai-ramai, misalnya dengan teman-teman. Kehadiran mereka bisa menambah semangat GOFITers untuk berlari. Rasa lelah ketika berlari pun terkadang tak begitu terasa bila dilakukan bersama-sama dengan teman.

Baca Juga: 3 Bahan Bakar Ayunan Kaki Anda

Hindari stres
Mental dan fisik memiliki hubungan. Mental yang sehat bisa memacu diri sendiri untuk bertindak. Cukup tidur, menenangkan pikiran, dan menghindari stres berlebihan adalah sebagian cara untuk memiliki kesehatan mental optimal.

Beri waktu untuk diri sendiri
Terkadang, sikap memaksakan diri sendiri justru menempatkan GOFITers dalam kondisi yang lebih buruk daripada sebelumnya. Oleh sebab itu, jangan memaksakan diri sendiri terlalu jauh. Beri waktu untuk diri sendiri itu penting. Waktu tersebut bisa GOFITers manfaatkan untuk mengevaluasi diri sendiri dan menguatkan kembali tujuan.

Baca Juga: Mengapa Anda Harus Membangun Otot Kaki

Tak ada salahnya sebagian cara di atas GOFITers coba tatkala malas berlari. Ada cara lainnya dari GOFITers?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *