Friday, 24 November 2017

5 Rahasia Raih Hasil Latihan Lebih Cepat

Spread the love

DOBRAK SEJUMLAH ATURAN tradisional latihan dan raih target Anda lebih epat dari metode konvensional. Aturan pertama yang harus didobrak adalah imbauan untuk memisahkan latihan kardio dan kekuatan. Usahakan tiap sesi latihan Anda melibatkan latihan kardio, kekuatan, dan calisthenic dalam interval tinggi yang berlangsung hanya 30 menit. Dan seberapa efektifkah hal ini? Sebuah penelitian Auburn University menemukan, latihan seperti ini bisa membakar 16 kalori tiap menit. Tapi latihan keras saja tidak cukup, Anda juga perlu berlatih dengan cerdas. Lima rahasia yang ada berikut Anda ini bisa membantu Anda mencapai tujuan lebih cepat dengan mengombinasikannya.

Baca juga: Latihan Sederhana Miliki Tubuh Berotor Padat

RAHASIA 1: Selalu Progresif
Dalam rancangannya, sebagian program latihan hanya meningkatkan satu variabel saja – durasi latihan atau tingkat kesulitan. Di sini, Anda meningkatkan keduanya. Jika Anda melakukan 3 set T-plank, Anda mungkin akan memulai dengan T-plank standar, kemudian melakukan T-plank rotation with rotation, dan selanjutnya mengakhiri dengan T-plank with rotation and leg lift. Durasi set juga menjadi meningkat secara progresif. Hasilnya adalah metabolisme tubuh yang meningkat secara signifikan. Dan tantangan mental dari upaya konstan untuk mempelajari keahlian baru tak akan menyisakan ruang untuk ras bosan.”

RAHASIA 2: Set Gabungan
Sebagian besar dari Anda cukup mengenal superset maupun triset, yang mengombinasikan kelompok-kelompok otot tak terkait (seperti paha dan dada) secara berturut-turut dalam sebuah set. Gerakan-gerakan latihan dalam compound set (set gabungan) menarget otot yang sama dari berbagai sudut. Jadi mungkin Anda akan memasangkan lunge dan squat, atau dua gerakan yang melatih otot dada. Tujuannya adalah meningkatkan durasi waktu otot yang dilatih berada di bawah tegangan tanpa membuatnya kelelahan. Anda akan mendapatkan hasil ganda. Anda meningkatkan rangsangan pertumbuhan otot sekaligus membakar lebih banyak kalori.

Baca juga: Langkah Sederhana Pulihkan Otot

RAHASIA 3: Tahan dan Eksplosif
Dengan sendirinya, gerakan-gerakan latihan isometrik yang melibatkan aktivitas menahan sebuah posisi seperti plank – adalah perangkat pembangun kekuatan yang luarbiasa. Memang ada cara lain untuk meningkatkan stres pada otot. Tapi latihan isometrik menjadi makin potensial ketika diintegrasikan dengan latihan dinamis – katakanlah, dengan menahan gerakan terbawah jump lunge atau jump squat dan kemudian melakukan sejumlah repetisi eksplosif. Ini disebut latihan isodinamis (isodynamic training). Dengan melelahkan otot lebih dulu (pre-fatiguing), Anda akan mengaktifkan serta otot Tipe II, yang punya potensi terbesar untuk berkembang.

RAHASIA 4: Menapak di Lantai
Pertimbangkan rancangan latihan Anda saat ini. Seberapa sering kedua kaki dan tangan Anda menapak di lantai secara bersamaan? Bagi sebagian besar orang, mungkin juga Anda, jawabannya adalah tidak pernah. Sangat sedikit pria yang meluangkan waktunya untuk melakukan gerakan merangkak seperti beruang, kepiting, atau bayi. Dan hasilnya, mereka kehilangan latihan yang tak hanya memperkuat bahu dan bagian utama tubuh, tapi juga aktivitas yang mendongkrak stabilitas. Gerakan-gerakan itu memaksa tubuh untuk menyinkronisasikan otot dengan cara yang sebagian besar sudah kita lupakan. Jika Anda ingin lebih gesit dan lincah, Anda harus mulai merangkak.

Baca juga: 5 Alasan Anda Tidak Mendapatkan Hasil Maksimal di Gym

RAHASIA 5: Ubah Arah Gerakan
Tiap kali Anda melakukan squat, bench press, row, atau gerakan latihan lainnya dengan gerakan ke depan dan ke belakang, Anda berlatih dalam mode sagital plane. Itu adalah pola latihan yang paling banyak dilakukan orang. Tapi masih ada dua tipe pergerakan lainnya – frontal (bergerak dari satu sisi ke sisi lainnya) dan transverse (berputar). Berlatih dengan memanfaatkan 3 tipe pergerakan yang ada seperti lateral lunge dan rotational slam akan membuat otot-otot tubuh Anda bekerja dengan sudut yang baru. Selain itu, Anda akan meningkatkan mobilitas dan stabilitas yang vital bagi sisi atletis diri Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *