Friday, 24 November 2017

Perencanaan Keuangan di Usia 40 Tahun

Spread the love

BANYAK ORANG BILANG, usia 40 tahun adalah usia yang matang, termasuk dari segi keuangan. Namun, seberapa matangkah perencanaan keuangan GOFITers?
Menurut www.forbes.com, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan di umur 40 tahun.

Lunasi segera utang beserta bunganya
Ini tak hanya berlaku di usia 40-an, namun juga di hampir periode hidup GOFITers. Dahulukan kebutuhan daripada keinginan. Kredit memang mendorong seseorang berperilaku konsumtif. Jadi, lunasi hutang berbunga tinggi sekali dan untuk selamanya.

Pelajari hal baru
Sekarang adalah saat yang tepat untuk memperbaiki diri. Pikirkan bagaimana cara meningkatkan kualitas diri. Pelajarilah hal-hal baru yang bisa meningkatkan skill GOFITers. Bukan tak mungkin, skill tersebut bisa menghasilkan uang nantinya.

Baca juga: Tetap Tangguh di Atas Usia 40 Tahun

Intip usaha sampingan
Bila GOFITers adalah pekerja kantoran, sebaiknya mulai mengintip peluang usaha sampingan di usia 40 tahun. Bila pensiun nanti, Anda bisa menekuni usaha yang telah terbangun fondasinya tersebut.

Hindari gaya hidup boros
Salah satu hal tentang berada di usia 40-an adalah bahwa GOFITers kemungkinan sudah mapan. GOFITers mungkin menghasilkan jumlah uang yang banyak dan bisa membeli banyak keinginan selain untuk memenuhi kebutuhan hidup. Di sinilah tantangannya. Ini adalah perangkap inflasi gaya hidup. Sekali memanjakan keinginan, maka bisa menjadi kebiasaan. Suatu kebiasaan bisa berubah menjadi gaya hidup.

Menjaga rumah
Menjaga rumah di sini bukan berarti GOFITers harus berada di dalamnya sepanjang waktu, tapi rawatlah rumah. Jangan menunggu terlalu lama bila ada bagian rumah yang perlu diperbaiki. Lakukan perawatan rutin, misalnya mengecat. Sering kali perawatan rutin memerlukan biaya yang lebih kecil dibandingkan perbaikan yang jarang dilakukan.

Merawat barang
Selain merawat rumah, hal serupa juga perlu dilakukan pada barang-barang GOFITers. Semakin baik memperlakukan barang, semakin lama barang milik GOFITers awet. Alhasil, semakin sedikit biaya yang perlu dikeluarkan. Salah satu cara terbaik untuk menghindari biaya tak terduga adalah menjaga agar barang GOFITers dalam kondisi baik.

Baca Juga: Panduan Bagi Anda yang Mulai Berlari Setelah Berusia 40 Tahun

Jaga kesehatan
Berapa biaya perawatan di rumah sakit? Memang, sekarang sudah ada fasilitas asuransi dan sejenisnya yang bisa membantu GOFITers membayar biaya pengobatan. Meski begitu, masih jauh lebih mahal bila tidak menjaga kesehatan. Perhatikan pola makan, berolah raga rutin, dan beristirahat cukup adalah sebagian kecil cara mudah untuk menjaga kesehatan.

Luangkan waktu untuk bersantai
Apakah hidup GOFITers hanya untuk bekerja? Tubuh juga memerlukan istirahat. Maka, luangkan waktu untuk bersantai bersama keluarga atau teman-teman. Tenangkan pikiran GOFITers dan hargai bahasa tubuh yang memerlukan waktu untuk bersantai.

Baca juga: 12 Tip untuk Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Jadi, sekali lagi, seberapa matang keuangan GOFITers di usia 40 tahun?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *