Monday, 20 November 2017

Mengapa Anda Harus Membangun Otot Kaki

Spread the love

KAMI YAKIN, selama ini otot-otot di kaki Anda sering terabaikan saat masuk ke gym untuk berlatih. Padahal Anda perlu membangun massa dan kekuatan otot di tubuh bagian bawah. Mengapa? Lima berikut ini akan menjawab pertanyaan Anda.

1 MEMBANGUN LEBIH BANYAK OTOT
Ini cerita bagi pria: Melakukan deadlift akan membantu membentuk tubuh berotot padat. Testosteron adalah hormon steroid yang diproduksi dalam tubuh dan memainkan peranan penting menyangkut kesehatan pria – membantu meningkatkan pertumbuhan massa otot dan kekuatannya. Gerakan-gerakan latihan seperti squat dan deadlift, yang menggunakan kelompok otot besar, meningkatkan kadar testosteron. Dengan kata lain, berbagai gerakan yang melatih otot-otot kaki akan membangun lebih banyak otot.

2 BAKAR KALORI LEBIH BANYAK
Tahukah Anda jika gluteus maximus (otot pantat) adalah kelompok otot terbesar di tubuh Anda? Melatih kelompok otot ini memerlukan energi lebih banyak. Artinya, tubuh Anda akan membakar kalori lebih banyak. Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Applied Physiology mengamati pengeluaran energi dan metabolisme sejumlah atlet setelah melakukan serangkaian gerakan latihan dengan resistensi tinggi. Hasilnya menunjukkan, setelah latihan selama 90 menit (termasuk memanfaatkan gerakan latihan squat dan deadlift) tingkat metabolisme atlet – jumlah energi yang dikeluarkan – meningkat secara signifikan dan terus berlanjut hingga beberapa jam setelah sesi latihan selesai.

3 BENTUK KAKI LEBIH KEKAR
Kaki Anda tidak akan terlihat seperti kaki ayam. Latihan kaki akan membuat tubuh bawah Anda lebih berotot dan keren, tidak seperti tiang listrik.

4 BANTU ANGKAT BEBAN BERAT
Anda mungkin tidak mempercayainya, tetapi otot-otot di kaki dan bagian utama tubuh memroduksi mayoritas tenaga yang digunakan untuk mengangkat beban berat. Bahkan ketika melakukan bench press pun, tubuh bawah Anda dibangkitkan untuk memberikan fondasi yang stabil saat melakukan dorongan ke atas.
Jika Anda kurang melatih otot-otot kaki, beban yang mampu Anda angkat tidak akan berkembang. Melakukan latihan fungsional, seperti deadlift, misalnya, akan memperkuat otot-otot kaki, pantat, dan bagian bawah tubuh – sembari membangun otot-otot lainnya dan mobilitas.
Ingat, kekuatan bagian utama tubuh menyokong setiap gerakan yang Anda lakukan. Dan deadlift –rajanya gerakan latihan – adalah salah satu gerakan latihan vital pembangun kekuatan bagian utama tubuh.

5 KURANGI RISIKO CEDERA
Jika terlalu mengabaikan bagian bawah tubuh, cedera lebih mudah menyergap Anda. Ketidakseimbangan otot, hamstring yang lemah, dan kurangnya mobilitas bisa mengantar Anda pada nyeri punggung bawah dan cedera ACL. Squat, lunge, dan deadlift akan membantu meningkatkan kekuatan hamtring , membangun otot di sekitar persendian yang lemah, dan memromosikan stabilitas serta mobilitas. Jika Anda serius membangun otot, mengembangkan kekuatan fungsional, dan mengurangi risiko cedera, Anda perlu melatih otot-otot kaki. Jika Anda melakukan tiga sesi latihan tiap minggu, salah satunya harus didedikasikan untuk otot-otot kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *