Thursday, 21 September 2017

Manfaat CrossFit bagi Anda

Spread the love

BEBERAPA TAHUN TERAKHIR ini, CrossFit berkembang cukup pesat di Indonesia. Sistem latihan ini diklaim mampu mengubah tubuh Anda ke bentuk yang mungkin sebelumnya hanya pernah Anda impikan saja. Namun jika Anda belum berkesempatan menyicipi sistem latihan ini, prinsip-prinsip dasar CrossFit bisa Anda terapkan di rutinitas latihan untuk mendapatkan hasil lebih baik.

PRINSIP KOMPETITIF
Kompetisi adalah motivator yang bagus. Sebuah penelitian di Inggris pada 2010 menemukan, berlatih dalam sebuah grup atau kelompok meningkatkan toleransi orang pada rasa nyeri. Penelitian tiga tahun sebelumnya di Spanyol mengungkapkan, kompetisi melepaskan endorphin dalam jumlah besar yang bisa mengantar Anda melewati stres.

CUKUP DURASI PENDEK
Sebuah penelitian dari Southern Illinois University memaparkan, orang dewasa yang kelebihan berat badan, yang berlatih dengan beban selama 11 menit per hari, tiga kali seminggu, meningkatkan kekuatan otot dan membakar lebih banyak kalori hingga 24 jam setelah tiap sesi yang mereka jalani ketimbang orang-orang yang tidak berlatih.

LATIHAN TOTAL-BODY
Penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Applied Physiology menemukan, pria yang melakukan latihan resistensi total-body (apakah itu satu set atau tiga set, meningkatkan metabolisme tubuhnya hingga enam persen selama tiga hari. Makin banyak otot yang dilatih, makin banyak kalori yang dibakar.

BERUPAYA KERAS
Para peneliti di Syracuse University menemukan, resiprocal superset (pasangan gerakan latihan yang melatih otot yang berlawanan dengan waktu istirahat terbatas) membakar lebih banyak kalori tiap menit ketimbang set yang berisi gerakan latihan yang tidak berpasangan dengan istirahat di antaranya. Saat ini, latihan berintensitas tinggi sama dengan bebas lemak setelahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *