Monday, 18 December 2017

Makan Enak, Kulit Berkilau Sehat

Spread the love

ANDA PASTI PAHAM, memasok tubuh dengan makanan sehat — seperti sayuran hijau gelap, dark chocolate, maupun jeruk — bisa membantu memerangi ancaman kesehatan yang kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Tetapi tahukah Anda jika makanan-makanan tertentu mampu memelihara kesehatan kulit sekaligus selalu membuatnya berkilau indah?
Sejumlah penelitian yang dilakukan menunjukkan, pola makan memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap kulit. Apa yang Anda konsumsi berdampak pada keseimbangan hormon, menyebabkan jerawat, dan menciptakan atau mengurangi inflamasi, hal yang dikaitkan dengan penuaan kulit.
Dan sebetulnya, apa yang Anda konsumsi bisa sama pentingnya dengan serum dan krim yang Anda aplikasikan pada kulit. Seperti 13 makanan yang ada berikut ini.

1 MINYAK ZAITUN
Ketika para peneliti di PLOS ONE menganalisa diet 1.264 wanita pada 2012, ditemukan, pengonsumsi minyak zaitun yang tinggi (lebih dari dua sendok teh tiap hari) dikaitkan dengan berkurangnya tanda-tanda penuaan hingga 31 persen ketimbang mereka yang hanya menggunakan kurang dari satu sendok teh minyak zaitun. Minyak zaitu mengalahkan jenis minyak lainnya, termasuk minyak bunga matahari dan kacang. Mengapa? Karena 75 persen lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun adalah asam lemak tunggal yang tak jenuh — yang memegang peran vital untuk menjaga tubuh Anda awet muda. Selain itu, antioksidan bernama polyphenol di dalam minyak zaitu juga memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas.

2 KOPI
Sebuah penelitian di European Journal of Cancer Prevention pada 2007 melaporkan, wanita yang menyesap kopi tiap hari menurunkan risiko mengalami kanker kulit hingga 11 persen. Enam cup kopi sehari akan memangkas risiko hingga 30 persen. Tetapi para ahli menyarankan agar Anda hanya minum kopi maksimal 28 cup tiap minggu karena tingkat konsumsi yang terlalu tinggi bisa memberikan ancaman bagi kesehatan Anda. Seperti hal-hal lainnya, cukup adalah kata kuncinya.

3 TOMAT
Orang yang mengonsumsi lima sendok makan pasta tomat tiap hari, bersama dengan nyaris satu sendok makan minyak zaitun selama 12 minggu, mendapatkan perlindungan dari sunburn hingga 33 persen lebih banyak ketimbang mereka yang hanya mengonsumsi minyak zaitun. Antioksidan bernama lycopene meningkatkan SPF alami tubuh.

4 KIWI
Satu buah kiwi ukuran sedang rata-rata menyodorkan 120 persen kebutuhan harian Anda akan vitamin C. Vitamin ini merangsang sintesis kolagen, yang memelihara tingkat kekencangan dan garis-garis yang lembut. Penelitian di American Journal of Clinical Nutrition menemukan, diet tinggi vitamin C dikaitkan dengan berkurangnya masalah kulit kering maupun kulit berkerut.

5 DARK CHOCOLATE
Rasa manis yang kaya dari cokelat berasal dari flavanol. Komponen yang dilengkapi antioksidan ini membantu menghidrasi kulit dan meningkatkan sirkulasi. Wanita yang mengonsumsi minuman kokoa bubuk dengan kandungan flavanol tiap hari selama 12 minggu mengalami kulit kasar dan bersisik lebih sedikit ketimbang mereka yang tidak mengonsumsinya. Para responden mengonsumsi sekitar 100 mililiter. namun jumlah ini memberikan kalori yang terlalu banyak bagi wanita. Sebaiknya Anda mengonsumsi porsi 30 mililiter atau sekitar 150 kalori untuk mendapatkan manfaat terbaik bagi kulit tanpa membuat berat badan bertambah.

6 KULIT JERUK
Peneliti dari University of Arizona melakukan observasi pada orang yang dilaporkan mengonsumsi buah, jus, dan kulit jeruk. Mereka yang mengonsumsi kulit jeruk mengurangi risiko squamous cell carcinoma hingga 33 persen. Buah dan jeruknya tidak memiliki dampak. Para peneliti menegaskan limonene, sebuah komponen yang ditemukan pada minyak di dalam kulit jeruk yang menawarkan perlindungan dari ultra violet.

7 AIR
Ya, mungkin air menjaga kulit tetap terhidrasi. Dan tetap terhidrasi mengurangi risiko kulit berkerut. Tetapi ada alasan lain untuk tetap mengonsumsi air ketimbang jenis minum lainnya: Anda membatasi pasokan gula ke tubuh. Gula yang ditemukan di jus, soda, dan sport drink menyebabkan masalah besar bagi kulit. Karena saat kadar gula tinggi, gula bisa menempel pada protein di dalam kolagen dan memroduksi komponen yang menyebabkan kulit kendor dan berkerut.

8 SARDEN
Satu porsi (100 gram) ikan sarden mengandung 1,5 gram asam lemak omega-3, yang membuatnya sebagai salah satu sumber lemak terbaik. Ikan berlemak umumnya kaya omega-3 yang disebut DHA, sebuah komponen anti-inflamasi. Inflamasi diketahui sebagai penyebab utama jerawat. Melengkapi pola makan dengan omega-3 (yang juga ditemukan pada salmon) bisa membantu memelihara kulit Anda tetap bersih.

9 KEDELAI
Sebuah penelitian kecil pada wanita Jepang usia pertengahan menemukan, mereka yang mengonsumsi 40 miligram aglycone (satu jenis isoflavone yang ditemukan di kedelai), meningkatkan elastisitas dan meminimalkan guratan kulit dalam 12 minggu ketimbang mereka yang mengonsumsi placebo. Selain itu, isoflavone bisa membantu menghentikan pemecahan kolagen, yang menyebabkan kulit kendor dan bergurat.

10 TIRAM
Ini adalah gudang zinc. enam tiram mengandung lebih dari 500 persen kebutuhan harian Anda akan zinc dengan hanya mengemas 57 kalori. Mineral ini memainkan peran penting dalam hal pertumbuhan dan fungsi sel kulit. Meski masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, pengidap jerawat memiliki kadar zinc yang lebih rendah dari angka normal.

11 TELUR
Telur menawarkan protein dalam dosis besar tanpa banyak menawarkan lemak. Dan sedikit lemak berarti kebaikan untuk kulit Anda karena kadar lemak yang tinggi dikaitkan dengan penuaan kulit. Sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition melaporkan, peningkatan pasokan lemak ke tubuh sebanyak 17 persen mendongkrak pembentukkan keriput di kulit hingga 28 persen.

12 RED WINE
Ketika peneliti Australia menganalisa diet lebih dari 1.000 orang dewasa, mereka menemukan jika tingkat actinic keratoses (luka pada kulit yang disebabkan paparan sinar matahari dalam waktu lama) berkurang hingga 28 persen pada mereka yang menenggak red wine setengah gelas tiap hari. Red wine adalah salah satu gudang resveratrol, sebuah komponen antioksidan yang memiliki ‘senjata’ antitumor.

13 WORTEL
Siapa yang butuh blush? Mengonsumsi wortel bisa memberikan Anda kulit wajah yang berkilau. Sebuah penelitian di Inggris pada 2011 menemukan, orang yang mengonsumsi carotenoid — yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran seperti wortel — dalam jumlah besar akan memiliki tone warna kuning di kulit mereka. Ini akan membuat kulit terlihat lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *