Monday, 18 December 2017

Jaga Otak Anda

Spread the love

ANDA TIDAK BISA memeriksa kondisi otak dengan melihatnya di cermin. Namun yang pasti, pola makan yang kurang bagus, dan merokok, akan mempercepat penurunan fungsi otak Anda. Hal ini akan mengganggu memori, membatasi kemampuan menyelesaikan masalah, dan mengurangi volume otak, yang otomatis meminimalisasi kemampuan Anda berkompromi dengan stres. Berikut adalah tiga langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memelihara otak Anda tetap bekerja secara maksimal.

JAGA BERAT BADAN
Mempertahankan berat badan ideal bisa mencegah penurunan fungsi otak. Orang dengan skor indeks massa tubuh 25 memiliki peluang penurunan fungsi otak lebih rendah 29 persen ketimbang mereka yang memiliki skor 30 atau lebih, papar temuan sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Heart Association.

KELUARKAN KERINGAT
Para peneliti di Australia mengungkapkan, aktif secara fisik bisa memangkas penurunan fungsi kognitif Anda hingga 38 persen. Saat detak jantung meningkat, demikian juga dengan sirkulasi darah. Kondisi ini akan meningkatkan aliran darah kaya nutrisi untuk memacu pertumbuhan sel-sel baru di otak sekaligus memelihara sel-sel yang sudah ada. Lakukan aktivitas fisik atau olahraga minimal 30 menit, lima kali seminggu.

SETEGUK TEH HIJAU
Sebuah penelitian Psychopharmalogy mengungkap, mereka yang mengonsumsi minuman dengan ektrak teh hijau mencatatkan skor 14 persen lebih tinggi dalam uji memori ketimbang mereka yang tidak menggunakan ekstrak teh hijau. Komponen catechin dalam teh hijau meningkatkan antioksidan, dan mengurangi kerusakan sel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *