Friday, 24 November 2017

Efek Mengejutkan dari Tidur Siang

Spread the love

LEBIH DARI 85 PERSEN spesies mamalia adalah polyphasic yang suka tidur. Artinya, mereka tidur singkat di siang hari. Manusia adalah bagian dari monophasic yang suka tidur. Ini berarti waktu manusia terbagi menjadi dua periode berbeda: terjaga dan tidur. Dari berbagai golongan usia manusia, anak-anak dan lanjut usia tidur di siang hari. Ternyata, tidur di siang hari sangat penting.

Baca juga: Kurang Tidur Bisa Picu Ide Bunuh Diri

Merujuk www.sleepfoundation.org, tidur siang dapat meningkatkan kinerja, kewaspadaan, sekaligus mengurangi kemungkinan Anda melakukan kesalahan. Sebuah studi di NASA mengenai pilot militer dan astronot yang mengantuk menemukan bahwa tidur siang selama 40 menit meningkatkan kinerja sebesar 34 persen dan kewaspadaan 100 persen. Tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan sesaat setelah tidur siang dan bisa bertahan beberapa jam kemudian. Bagi pekerja kantoran, tidur siang bisa dilakukan saat jam istirahat. Mata, tangan, kaki, atau anggota tubuh lainnya yang lelah karena bekerja memerlukan istirahat.

Tidur siang selama 40 menit meningkatkan kinerja sebesar 34 persendan kewaspadaan 100 persen.

Dalam sebuah penelitian di tahun 2006, para periset di Sleep Medicine and Research Center, St. John’s Mercy Medical Center, dan Rumah Sakit St. Luke, Amerika Serikat (AS) mengamati efektivitas tidur siang dan mengonsumsi kafein untuk mengatasi rasa kantuk pada pekerja shift malam. Mereka menemukan bahwa tidur di siang hari dan kafein memperbaiki kewaspadaan dan kinerja para pekerja shift malam. Kombinasi antara tidur siang dan kafein memiliki efek yang paling menguntungkan.

“Tidur sebelum bekerja dikombinasikan dengan mengonsumsi kafein di tempat kerja adalah strategi efektif untuk tetap waspada pada shift malam,” kata James K. Walsh, salah satu peneliti dalam penelitian tersebut.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bantu Anda Tidur

Tidur sejenak sebelum mengemudi juga bisa menjadi cara ideal untuk menghindari kecelakaan. Pakar tidur juga merekomendasikan bahwa jika GOFITers merasa mengantuk saat mengemudi, sebaiknya segera beristirahat, minum minuman berkafein, dan tidur selama 20 menit.

Jika merasa mengantuk saat mengemudi, sebaiknya segera beristirahat, minum minuman berkafein, dan tidur selama 20 menit.

Selain itu, tidur siang juga memiliki manfaat psikologis. Tidur siang bisa menjadi ‘kemewahan’ yang menyenangkan bak liburan singkat. Ini adalah cara mudah untuk melakukan relaksasi. Tambah lagi, tidur di siang hari sebanyak dua atau tiga kali seminggu dapat mengurangi stres yang berarti meminimalisir kemungkinan terkena penyakit jantung.

Meski begitu, tidur di siang hari tidak selalu menjadi pilihan terbaik bagi semua orang. Beberapa orang, misalnya, mengalami kesulitan tidur di tempat lain selain tempat tidur mereka sendiri. Sejumlah orang juga mengalami kesulitan tidur di siang hari.

Tidur siang yang dianjurkan adalah 15–20 menit atau 40–60 menit jika dilihat dari siklus otak ketika tidur. Hindari tidur siang selama 30 menit, karena dapat membuat Anda merasa pening ketika terbangun dan dibutuhkan waktu yang sama lamanya untuk pulih.

Jadi, kalau GOFITers berkesempatan tidur siang sejenak saja, maka lakukanlah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *