Tuesday, 20 February 2018

Dongkrak Vitamin D dengan 4 Makanan Ini

Spread the love

KULIT GOSONG yang biasanya Anda dapatkan ketika melakukan aktivitas fisik di luar ruang tidak akan menghiasi tubuh lagi jika langit terus tersaput mendung — seperti yang terjadi belakangan ini. Tetapi bukan hanya hal itu yang ‘menghilang’ saat matahari terus bersembunyi di balik pekat awan hitam. Vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang dan otot, keberadaannya secara alami menjadi terbatas. Ini membuat Anda agak susah memenuhi kebutuhan harian vitamin D.
Mengapa? “Karena sumber utama vitamin D adalah sinar matahari,” Kelly Pritchett, Ph.D, R.D., juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics dan asisten profesor di Central Washington University. Tetapi jika matahari sedang ‘tenggelam’ bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan vitamin D dari makanan yang Anda konsumsi. Paling tidak, empat hal berikut ini bisa Andalkan untuk mendapatkan vitamin D.

IKAN BERLEMAK
Ikan seperti salmon, tuna, dan haring merupakan sumber vitamin D yang bagus. Vitamin yang larut dalam lemak ini butuh lemak untuk proses penyerapannya. Sekitar 120 gram ikan salmon menyodorkan 127 persen kebutuhan harian vitamin D. Konsumsi porsi dalam takaran ini dua kali seminggu untuk mendapatkan manfaat maksimalnya.

MAKANAN YANG DIPERKUAT
Vitamin D sering ditambahkan ke produk susu, jus jeruk, sereal, dan roti. 240 mililiter susu kemasan memberikan 16 persen kebutuhan harian vitamin D. Dalam takaran yang sama, jus jeruk menawarkan 17 kebutuhan harian vitamin D.

TELUR
Kuning telur memberikan tujuh persen kebutuhan harian vitamin D. Selain itu, lemaknya membantu proses penyerapan vitamin ini oleh tubuh. Panduan pola makan terbaru mengizinkan konsumsi makanan yang mengandung kolesterol hingga 300 miligram. Telur mengandung 200 miligram kolesterol. Ini membuatnya cukup layak bagi orang-orang yang sehat untuk mengonsumsinya dua butir per hari.

SUPLEMEN
Suplemen D3, yang biasanya menawarkan 500-2.000 IU, bisa juga menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan vitamin D jika Anda tak cukup mendapatkannya dari makanan.

Leave a Reply