Wednesday, 23 August 2017

6 Cara Stres Mengacaukan Tubuh Anda

Spread the love

STRES SANGAT MENGGANGGU. Situasi ini bisa merontokkan energi, menyabotase keinginan pergi ke gym, dan bahkan libido Anda. Cek gejala-gejala stres berikut ini yang mungkin menimpa Anda dan trik sederhana untuk meredakannya.

1 MEMBUAT TUBUH TERASA LELAH
Selain menyebabkan Anda kerap terbangun dari tidur malam, kegelisahan yang disebabkan stres juga memicu otak untuk melepaskan hormon kortisol ke aliran darah. Hal ini membuat senyawa-senyawa kimia mempercepat detak jantung, memberi otak pasokan oksigen lebih banyak, dan melepaskan energi ekstra untuk untu membantu tubuh berkompromi dengan stres. Namun stres yang kerap terjadi bisa menyebabkan otak seperti bekerja keras seharian. Berita baiknya, total tiga jam latihan tiap minggu akan menjaga hormon tersebut berada di ambang normal.Jadi apa yang Anda tunggu lagi? Segera berolahraga.

2 MERUSAK LIBIDO ANDA
Bukan rahasia, jika pikiran Anda melantur kemana-mana, sangat sulit untuk membangun suasana intim saat bercinta. Tapi itu bukan satu-satunya persoalan yang disebabkan stres. Bagi wanita, stres yang kronis bisa berdampak terhadap produksi hormon, yang menjaga sistem reproduksi tetap berfungsi normal. Jika ini terjadi, Anda akan merasakan merosotnya dorongan seksual. Todak perlu menyerah dengan kondisi ini. Ketika stres datang, fokus untuk menerapkan pola makan yang sehat dan pangkas konsumsi makanan olahan pabrik untuk meredakan gejala stres.

3 ANDA TIDAK BISA MENGINGAT APAPUN
Stres traumatik — yang terjadi saat Anda merasakan adanya ancaman terhadap hidup Anda atau orang yang yang Anda cintai dan terasa rasa ketakukan yang intensif atau tidak tertolong lagi, akan berdampak serius pada pada hipoocampus, area di otak yang menyimpan memori. Jenis stres seperti ini menyebabkan hippocampus menyusut, yang membuat Anda sulut untuk mengingat fakta, daftar, acara, atau perbedaan waktu yang panjang. Di samping itu, kerusakan yang disebabkan stres juga akan membuat Anda menciptakan memori baru.

4 MEMBUAT ANDA MENAMBAH BERAT BADAN
Sebuah penelitian dari University of Kentucky menemukan, mereka yang mengatur pola makan dan mempelajari manajemen stres lebih berhasil menurunkan berat badan ketimbang mereka yang hanya berdiet saja. Hubungan antara mengurangi stres dan menurunkan berat badan bisa jadi berupa keinginan mengurangi kecenderungan makan yang berlebihan akibat stres. Plus, sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Psychoneuroendocrinology menemukan, wanita yang mengalami stres memetabolisasi lemak dan gula secara berbeda dibanding mereka yang tidak dirundung kegelisahan.

5 MERONTOKKAN MAHKOTA WANITA
Selain menyebabkan jerawat, meningktnya androgen juga rontok lebih banyak ketimbang kondisi normal. Biasanya terjadi setelah 3-6 bulan setelah mengalami situasi stres berat. Berita baiknya, efek samping ini hanya bersifat sementara. Pola makan yang seimbang bisa sel-sel rambut kembali normal.

6 MENYEBABKAN NYERI PUNGGUNG
Ketika Anda stres, detak jantung dan tekanan darah meningkat. Hal ini menyebabkan tubuh mememompa keluar hormon yang seharusnya membantu Anda dengan respon fight-or-flight. meningkatnya detak jantung dan tekanan darah dapat menyebabkan otot mengencang dan meningkatkan nyeri di punggung akibat duduk di kursi sepanjang hari. Anda bisa memerangi nyeri punggung yang diakibatkan stres dengan berdiri tiap beberapa jam sekali dan melakukan peregangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *