Thursday, 21 September 2017

Cara Merawat Rasa Nyeri Saat di Rumah

Spread the love

RASA NYERI yang muncul akibat cedera, kecelakaan, atau sakit bisa menimpa siapa saja, kapan saja. Anda bisa melakukan sejumlah perawatan sendiri di rumah atas rasa nyeri yang muncul untuk merasa lebih baik. Tetapi jika kondisi memburuk, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter atau rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

R.I.C.E.
Ini singkatkan dari rest (istirahat), ice (kompres dingin), compress (tekan), dan elevate (letakkan lebih tinggi). Biasanya, metode ini digunakan untuk perawatan cedera terkilir atau memar ringan. Lakukan kompres dengan es pada lokasi cedera secepatnya dan tekan dengan pembalut elastis. Jika area cedera ada di tangan atau kaki, istirahatkan bagian tersebut dengan menempatkan di atas ketinggian jantung untuk meredakan pembengkakan. Namun jangan menempatkannya di satu posisi dalam durasi waktu yang lama.

AIR
Gunakan untuk membersihkan luka terbuka atau koyak dan merawat luka bakar. Jika Anda mengalami luka bakar, tempatkan lokasi cedera di air dingin atau tutupi dengan kompres dingin secepat mungkin. Jika kulit Anda melepuh, mati rasa, atau berubah jadi hitam, cokelat, atau putuih, dapatkan pertolongan medis dengan segera.

ANTIINFLAMASI
Obat-obatan ini meliputi aspirin, ibuprofen, dan naproxen. Mereka biasa digunakan untuk merawat rasa nyeri yang biasanya disertai inflamasi. Anda tidak butuh resep dokter. Namun Anda perlu hati-hati saat menggunakannya. Dosis yang tinggi bisa menyebabkan nyeri di lambung dan mual. Penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan gangguan pada ginjal, mengakibatkan tekanan darah tinggi,

ACETAMINOPHEN
Biasanya digunakan untuk sakit kepala, sakit gigi, kram menstruasi, dan jenis nyeri lainnya yang tidak disertai inflamasi. Jika Anda hanya menggunakannya sesekali, tidak masalah. Namun jangan megonsumsinya dalam dosis tinggi – yang bisa merusak hati dan ginjal. Selain itu bagi Anda yang memiliki masalah di hati dan ginjal, sebaiknya tidak mengunakan obat-obatan ini tanpa konsultasi dengan dokter.

PEREDA NYERI
Ini bisa meliputi gel, krim, spray, atau patch yang Anda tempatkan di kulit yang berada di atas lokasi otot, tendon, atau persendian yang terasa nyeri. Mereka bisa membantu meredakan nyeri tanpa efek samping yang serius.

PIJAT
Baik dilakukan oleh profesional atau teman, atau bahkan Anda lakukan sendiri, pijatan bisa membantu meredakan rasa nyeri, seperti sakit kepala atau punggung. Berkonsultasilah dengan petugas medis profesional bagaimana melakukan pijatan pada area yang terasa nyeri atau mengalami cedera di rumah.

SUNGLASSES
Peralatan gaya ini bisa membantu jika Anda sangat sensitif terhadap cahaya karena migren atau penyakit lainnya. Selain itu, sunglasses membantu melindungi mata rasa gatal dan iritasi yang disebabkan serbuk, debu, dan jamur.

MEDITASI
Jika rasa nyeri yang Anda alami berlangsung lama, aktivitas disiplin mental ini bisa membantu Anda mengendalikannya. Anda menjernihkan pikiran dengan memfokuskan pada satu hal yang sederhana, seperti pernapasan Anda. Ini bisa bekerja sendiri atau dikombinasikan dengan pengobatan.

TERAPI FISIK
Biasa digunakan untuk nyeri kronis atau setelah melakukan operasi atau mengalami cedera. Selain itu bisa dimanfaatkan untuk merawat engkel yang terkilir atau otot yang tertarik. Konsultasikan dengan dokter untuk perawatan yang terbaik bagi Anda.

LATIHAN AEROBIK
Orang yang berolahraga secara teratur – bersepeda atau berlari, sebagai contoh – jarang disergap rasa nyeri. Selain itu mereka cenderung lebih baik dalam menangani cedera. Periksakan dengan dokter jika Anda merasa kurang cukup sehat untuk melakukan olahraga-olahraga seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *