Thursday, 21 September 2017

Cara Melakukan Drafting Ketika Bersepeda dalam Sebuah Paceline

Spread the love

JIKA ANDA TERBIASA bersepeda seorang diri (solo), Anda mungkin tidak sepenuhnya menghargai konsep sebuah paceline. Konsep ini membuat pesepeda bergerak dalam sebuah barisan, melakukan rotasi posisi secara berkala, dan menempatkan pesepeda di depan sebagai lokomotif (sekaligus penarik ‘gerbong’) sebelum akhirnya ia berpindah ke belakang untuk mengisi ulang energi. Jika Anda melakukan drafting seperti ini, dengan bersembunyi di belakang peseda lain yang berada dalam satu paceline, Anda akan menghemat energi dan mengurangi resistensi angin hingga 27 persen. Bahkan mereka yang terbiasa melakukan paceline secara rutin mungkin tidak mengetahui bagaimana cara kerja dari konsep yang menguntung ini. Para peneliti di Belanda menggunakan data dari tes di terowongan angin untuk menekankan manfaat drafting bagi tiap orang yang ada dalam group ride. Dan berikut ini data yang mereka temukan.

Baca juga: Bersepeda dalam Group Ride

IMBALAN BAGI PESEPEDA TERDEPAN
Menjadi pembalap terdepan (leader) bukan tugas tanpa imbalan. Sebagai lokomotif sebuah group ride, seorang leader menikmati pengurangan resistensi angin hingga 3,1 persen berkat gelembung-gelembung udara bertekanan rendah di antara para pesepeda yang mendorong leader terus melaju ke depan, ujar Bert Blocken, PhD, seorang profesor fisika di Eindhoven University of Technology di Belanda, yang memimpin sejumlah penelitian. Jaga kecepatan dengan stabil di depan untuk menghindari keinginan mendongkrak intensitas kayuhan secara berlebihan, yang akhirnya justru bisa memecah barisan.

JAGA JARAK TETAP DEKAT
Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sebuah paceline, jaga posisi roda Anda sedekat mungkin dengan sepeda yang ditunggangi pesepeda di depan Anda. Idealnya, Anda mengambil posisi bersimpangan – yang membuat Anda harus menempatkan roda depan di samping roda belakang sepeda yang ada di depan Anda. Jika Anda tidak nyaman dengan risiko cara ini, takk perlu khawatir. Ambil posisi sedikit ke belakang, kira-kira roda depan sepeda Anda berjarak tiga perempat roda dari roda belakang sepeda yang ada di depan. Posisi ini masih memungkinkan Anda menghemat energi.

Baca juga: Tingkatkan Kemampuan Bersepeda Jarak Jauh Anda

POSISI TERBAIK
Manfaat drafting meningkat secara bertahap dari pesepeda di urutan kedua hingga kelima sebelum akhirnya berkurang drastis atau habis. Dalam sebuah paceline yang terdiri dari lima orang, pesepeda terakhir menikmati manfaat aerodinamis terbesar, ujar Blocken. Tetapi dalam sebuah group ride yang terdiri dari 6-8 orang (rata-rata jumlah pesepeda dalam sebuah tim untuk nomor time trial), posisi berikutnya hingga yang terakhir terakhir mendapatkan resistensi angin paling sedikit. Dalam rombongan yang besar, dan susah berotasi, posisi terbaik pada urutan ke-5 hingga ke-8. Posisi membuat Anda mendapatkan manfaat aerodinamis yang besar, kata Blocken, dan memiliki peluang kecil terlibat kecelakaan.

MAKIN BESAR, MAKIN BAGUS
Makin besar tubuh yang dimiliki seorang pesepeda, makin besar angin yang ditahannya dan makin besar pula manfaatnya. Taktik Anda: Pastikan berada di dekat atau belakang pesepeda yang berbadan besar.

Baca juga: Bersepeda Bikin Anda Makin Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *