Tuesday, 20 February 2018

Bagaimana Menemukan Ukuran Sepeda yang Tepat Buat Anda

Spread the love

PERTIMBANGKAN JENIS SEPEDA yang Anda inginkan sebelum mencari ukuran yang sesuai. Sekarang ini, hampir semua barang bisa dibeli secara online – termasuk sepeda di dalamnya. Tetapi kegembiraan mendapatkan sepeda baru yang dikirimkan ke rumah ini juga disertai kelemahan: Kecuali Anda sudah pernah mencoba sebelumnya, Anda melakukan perjudian yang besar untuk mendapatkan ukuran yang sesuai. Membeli secara langsung? Ini lebih memudahkan Anda. Tetapi Anda harus tetap tahu apa yang Anda cari. Ikuti panduan berikut ini, dan Anda segera siap melaju di jalanan… dengan sepeda baru.

Pertimbangkan Tipe Sepeda
Pertama, pertimbangkan tipe sepeda yang Anda inginkan. Ukuran sepeda sangat bervariasi antara road bike dan mountain bike, demikian pula dengan modelnya (pengguna pria atau wanita), dan bahkan produsennya. Anda harus tahu apa yang Anda inginkan dan butuhkan sebelum mencari ukuran sepeda yang tepat buat Anda. Banyak pabrikan sepeda tabel ukuran yang bisa mengarahkan Anda untuk menemukan tunggangan yang tepat.

Gunakan Tinggi Badan
Meskin menggunakan tinggi badan merupakan cara paling mudah untuk ukuran rangka sepeda yang tepat, hal ini tidak sepenuhnya sempurna. Ini hanya cara yang cukup layak untuk menentukan apa rangka sepeda terlalu pendek atau tinggi. Berikut panduan umum untuk road bike:
Tinggi Badan (cm)                  Ukuran (cm)                       Ukuran
147,5 – 157,5                            47 – 48                                 XX-Small
157,5 – 167,5                            49 – 50                                 X-Small
159,6 – 175,3                            51 – 53                                 Small
167,5 – 175,3                            54 – 55                                 Medium
175,3 – 183,0                           56 – 58                                 Large
183,0 – 190,6                           58 – 60                                X-Large
190,6 – 198,2                           61 – 63                                 XX-Large

Dan untuk mountain bike:
Tinggi Badan (cm)                  Ukuran (inchi)                    Ukuran
147,5 – 157,5                            13 – 14                                  X-Small
157,5 – 167,5                            15 – 16                                  Small
167,5 – 178,0                           17 – 18                                  Medium
178,0 – 184,5                           19 – 20                                 Large
184,5 – 192,5                           21 – 22                                 X-Large
192,5 – 198,25                         23 – 24                                 XX-Large

Namun pastikan untuk memahami, ini hanya aturan umum yang berlaku. Ukuran sepeda bervariasi di antara berbagai merek.

Investasi Bike Fit
Memiliki bike fit yang profesional sebelum Anda membeli sepeda bisa membuat perbedaan yang besar. Jadi jangan heran jika Missy Erickson, pemilik dan ahli bike fitting di ERO Sports, merekomendasikan Pre-Purchase Bike Fit untuk semua atlet. “Tidak peduli apakah Anda membeli sepeda baru dari bike shop, memesan sepeda secara online, atau bagaimanapun cara Anda mendapatkannya,” ujarnya. Mengetahu dimensi yang sesuai dengan Anda dan memiliki fit specialist bisa membantu Anfa melewati proses dengan mudah, sekaligus mamastikan Anda mendapatkan sepeda dengan ukuran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Bike fit juga memberikan Anda berbagai pengukuran yang detil. Bagi pemula, seperti halnya atlet, ini akan sangat membantu. “Berinvestasi pada bike fit tidak hanya memastikan Anda mendapatkan sepeda yang tepat, tetapi juga membantu Anda mengeset secara sempurna, menghindari cedera, mencegah munculnya rasa nyero. Dan ketidaknyamanan – hal-hal yang membuat aktivitas bersepeda lebih menyenangkan,” ujar Erickson.

Baca juga: Beli Sepeda Baru? Ini yang Harus Anda Ketahui

Coba Sebelum Membeli
Ini adalah nasehat yang mungkin paling sering Anda dengar. Tapi itu memang benar. Mencoba secara langsung dan merasakan menunggangi sepeda yang akan Anda beli adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah produk tersebut tepat bagi Anda. Selain itu, cara ini memungkinkan Anda bertanya dan berbicara langsung dengan staf toko yang memahami benar spesifikasi sepeda tersebut. Dan sebagai bonusnya, Anda menghindari kerusakan akibat aktivitas pengiriman serta tidak perlu melakukan perakitan sendiri.

Dengarkan Tubuh Anda
Idealnya, Anda mengetahui ukuran yang tepat sebelum membeli sepeda. Ini akan membuat prosesnya lebih mudah dan Anda akan membuat setup-nya sesuai sejak awal. Ada juga bebera cara untuk mengetahui apakah setup sepeda Anda sudah tepat. Nyering punggung, siku, leher, dan lutut bisa menjadi indikasi pengaturan sepeda yang tidak tepat. Mati rasa pada anggota tubuh juga bisa menjadi pertanda lainnya.

Leave a Reply