Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Stres
Artikel
22 September 2018
Tingkatkan Ketangguhan Mental Anda

KEKUATAN FISIK hanyalah satu hal. Tetapi sebagian besar dari kita justru dibatasi oleh pikiran kita sendiri. Ketangguhan mental memiliki batas alami yang memungkinkan Anda untuk menghadapi berbagai masalah saat berolahraga, berlatih, bekerja, atau di kehidupan keluarga. Berikut empat tip untuk meningkatkan ketangguhan mental Anda.

#1 TANTANG DIRI ANDA

Lingkungan cenderung mendorong kita mencari kenyamanan. Tetapi sebetulnya kita justru tumbuh dan berkembang dari tantangan. Pastikan menempatkan diri secara konstan pada tantangan baru dan temukan cara untuk mendorong diri Anda menembus batas. Mengapa? Karena saat berada di bawah tekanan, kita cenderung lebih efektif. Guru performa Stephen Covey mengatakan,Sama seperti saat membangun otot melewati tantangan seperti mengangkat beban kita membangun karakter otot dengan melewati tantangan dan kesulitan. Jadi... pertimbangkan sebua tantangan yang ingin Anda taklukkan sejak lama, tentukan tantangannya, beritahu semua orang yang Anda kenal tentang hal itu, pastikan antusiasme, dan lakukan.

#2 IMAJINASIKAN DAN VISUALISAKIKAN

Sebagian besar dari kita mengunakan imajinasi untuk satu hal kekhawatiran. Mereka yang kurang tangguh secara mental memvisualisasikan skenario terburuk dalam detil terbaik, menciptakan gambaran terburuk tentang kekeliruan atau masalah yang terjadi. Sebaliknya, mereka yang memiliki mental tangguh menggunakan imajinasinya untuk mendisain, menciptakan, dan melewati tantangan. Juara renang Olimpiade Megan Jendrick berbicara bagaimana dirinya memvisualisasikan berdiri di podium dengan kalung medali emas berada di lehernya tiap malam empat tahun sebelum ia mewujudkannya di Sidney. Berpikir positif dan visualisasikan diri Anda memapu mengatasi rintangan untuk mengendalikan pikiran dan mengarahkan imajinasi Anda. Lakukan ini dan tubuh Anda akan mengambilalih dan membuatnya menjadi kenyataan.

#3 PECAH DALAM BEBERAPA BAGIAN

Pikirkan tentang sebuah tantangan secara menyeluruh hanya akan menimbulkan kecemasan dan kebingungan. Sebaiknya pecah dalam bagian-bagian yang lebih kecil. Menggunakan contoh lari jarak jauh, psikolog performa Kevin Clancy menyarankan target-target kecil yang memberi jalan ke tujuan utama Anda. Mulai dengan memasuki fase 10K. Dari situ Anda bergerak menuju half-marathon, dan kemudian kembangkan ke arah full marathon, dan bahkan mungkin ultra-marathon. Peningkatkan secara bertahap ini mencegah overload, dan membuat kapasita tubuh Anda berkembang seuai dengan keinginan.

#4 CINTAI AKTIVITAS ANDA

Apa yang dilakukan Wayne Rooney, Roger Federer, dan atlet-atlet papan atas dunia lainnya? Mereka hidup untuk olahraga yang mereka pilih, dan menguji batas kemampuan fisik mereka setiap hari. Seperti yang pernah dikatakan mantan pembalap sepeda Lance Armstrong, Pain is temporary. It may last a minute, or an hour, or a day, or a year, but eventually it will subside and something else will take its place. If I quit, however, it lasts forever. Kombinasikan upaya, perjuangan, dan keringat untuk mencapai tujuan Anda. Ketika melewati masa-masa sulit tetap tersenyum dan lanjutkan upaya Anda.

Part 1 of 5
Recommended for you
25 June 2018
SETELAH PUASmenikmati periode libur lebaran, kini saatnya Anda kembali ke kantor. Biasanya saat kembali bekerja usai berlibur, Anda mungkin merasa sedikit kurang bersemangat, termasuk dalam urusan p ....
18 July 2018
Salah satu strategi terbik untuk membangun kekuatan fungsional di tubuh Anda dengan menggunakan program latihan yang telah dibuktikan hasilnya oleh Green Beret salah satu unit pasukan khusus Ameri ....