Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Stres
Sport
Artikel
01 September 2018
Panjat Tebing Bantu Anda Jaga Mental dan Fisik

OLAHRAGA PANJAT TEBING bukan untuk mereka yang memiliki hati lemah. Adrenalin yang dipompa aktivitas ini membuat Anda harus berada dalam kondisi fisik dan mental terbaik saat melakukannya. Mengapa? Karena panjat tebing mengombinasikan akal dan kekuatan untuk beranjak ke posisi yang lebih tinggi.

Meski olahraga ini memerlukan keahlian khusus, panjat tebing tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan jantung dang tubuh Anda secara keseluruhan. Sebuah studi baru menemukan, olahraga ini juga bisa membantu meredakan gejala depresi.

Para peneliti dari University of Arizona menemukan, kombinasi konsentrasi, tekad, dan aspek sosial panjat tebing mengurangi gejala kesehatan mental tingkat sedang hingga ringan. Salah satu peneliti,EvaMaria Stelzer, mengatakan, alasan panjat tebing menyodorkan manfaat tersebut dikarenakan mereka yang melakukan olahraga ini harus menyadari dan fokus saat memanjat. Ini tidak menyisakan ruang yang banyak di pikiran Anda untuk mengembara ke berbagai hal yang mungkin terjadi dalam kehidupan Anda. Di momen ini, Anda harus fokus agar tidak terjatuh, tambahnya.

Andree Walkin, 37, seorang manajer pemasaran UL Sport Adventure Centre di Killaloe, Co Clare. Ia telah menggeluti panjat tebing selama 18 tahun. Meski mengaku tidak pernah mengalami depresi, Walkin mengatakan aktivitas panjat tebing meningkatkan moodnya. Saya kira hasil penelitian tersebut sangat menarik dan saya sependapat dengan penemuan tersebut, ujarnya.

Saya suka dengan perasaan yang saya dapatkan setelah menyelesaikan pemanjatan. Suasana hati yang menyenangkan dan dan rasa bangga adalah hal yang saya dapatkan setelah melakukan pemanjatan.Saya adalah pendukung aktivitas di alam terbuka dan manfaat mengangkat mood yang dimilikinya. Saya merasakan, dari pengalaman diri sendiri, manfaat positif aktivitas di alam terbuka seperti panjat tebing atau pendakian gunung bisa membantu memelihara kesehatan mental dan fisik secara menyeluruh.

Dr Julie Broderick, asisten profesor di departemen fisioterapi di Trinity College Dublin, menyetujui hasil penelitian yang diperoleh dan mengatakan, studi telah membuktikan jika aktivitas seperti panjat tebing bisa memiliki manfaat bagi orang yang memiliki masalah kesehatan mental.

Panjat tebing menawarkan interaksi sosial yang penting untuk memerangi isolasi yang sering dialami seseorang saat depresi, ujarnya. Ada unsur komitmen untuk melakukan tugas dan perencanaan ke depan yang bisa membantu jika Anda tergoda untuk berubah pikiran.

Untuk orang dengan tingkat depresi ringan hingga sedang, aktivitas fisik telah terbukti sama efektifnya dengan terapi farmakologi. Aktivitas fisik (secara umum) telah terbukti menurunkan gejala depresi, tak peduli berapaun intensitas yang dilakukan. Selain itu, aktivitas fisik biasanya juga direkomendasikan sebagai komponen utama untuk merawat orang yang mengalami depresi karena dianggap bisa meredakan gejalanya dan meningkatkan kualitas hidup.

Recommended for you
25 June 2018
SETELAH PUASmenikmati periode libur lebaran, kini saatnya Anda kembali ke kantor. Biasanya saat kembali bekerja usai berlibur, Anda mungkin merasa sedikit kurang bersemangat, termasuk dalam urusan p ....
18 July 2018
Salah satu strategi terbik untuk membangun kekuatan fungsional di tubuh Anda dengan menggunakan program latihan yang telah dibuktikan hasilnya oleh Green Beret salah satu unit pasukan khusus Ameri ....