Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Stres
Artikel
06 September 2018
Kurang Tidur Bisa Picu Gagasan untuk Bunuh Diri

MASALAH TIDURmemang bukan sebuah hal yang baru, namun yang harus diwaspadai adalah efek yang ditimbulkan oleh gangguan tersebut. Gangguan tidur biasanya dikarenakan banyaknya deadline pekerjaan yang mengharuskan kita untuk terus terjaga setelah seharian bekerja. Akibatnya, kita selalu merasa kurang tidur.

Namun dibalik kata kejar deadline tersebut terselip suatu hal yang justru dapat memperparah keadaan kita. Menurut salah satu artikel pada HealthDay News, masalah tidur dapat menjadi petunjuk awal yang memperburuk pemikiran bunuh diri pada orang dewasa. Sebuah studi dari seorang suicidologist dan asisten profesor Ilmu Psikiatri dan Perilaku di Stanford University Medical School, Rebecca Bernert, mengatakan,Bunuh diri adalah hasil tragis dari penyakit kejiwaan yang berinteraksi dengan beberapa faktor risiko biologis, psikologis, dan sosial.

Gangguan tidur terlepas dari faktor risiko lainnya karena ini terlihat sebagai tanda peringatan, namun tidak menstigmatisasi dan sangat dapat diatasi. Inilah sebabnya mengapa kami percaya bahwa hal ini mungkin merupakan target penting dalam pencegahan bunuh diri, katanya dalam siaran pers.

Tidur merupakan barometer kesejahteraan kita, dan secara langsung memengaruhi perasaan kita di hari berikutnya. Kami percaya bahwa tidur yang buruk mungkin gagal memberikan ketenangan emosional pada saat kesusahan, yang berdampak pada bagaimana kita mengatur suasana hati kita, sehingga dengan demikian menurunkan ambang batas untuk perilaku bunuh diri, jelas Bernert.

Penelitian tersebut dilakukan dengan melibatkan 50 mahasiswa, berusia 18 hingga 23 tahun. Semua memiliki riwayat usaha bunuh diri atau ide bunuh diri. Hubungan antara masalah tidur dan peningkatan risiko pikiran untuk bunuh diri tetap ada bahkan setelah para peneliti memperhitungkan faktor-faktor lain. Termasuk tingkat depresi, alkohol, dan penggunaan narkoba, dan tingkat keparahan gejala bunuh diri mereka pada awal penelitian.

Gangguan tidur dan ide bunuh diri adalah gejala depresi, sehingga penting untuk menguraikan hubungan ini dan mengevaluasi faktor-faktor yang berdiri sendiri untuk memprediksi risiko, pungkas Bernert.Dibandingkan dengan faktor risiko lain untuk bunuh diri, tidur yang terganggu dapat dimodifikasi dan sangat dapat diobati dengan menggunakan intervensi singkat dan cepat. Karena tidur adalah sesuatu yang kita alami secara universal, dan kita mungkin lebih bersedia untuk secara terbuka membicarakannya dengan kesehatan mental kita. Percaya studinya mungkin merupakan peluang penting untuk pencegahan bunuh diri, jelas Bernert.Agar terhindari terhindar dari pemikiran untuk bunuh diri akibat kurang tidur, lakukan beberapa tip berkut ini:

#1 Jam Tidur yang Teratur

Menjalani rutinitas tidur yang teratur dapat membuat kita membiasakan diri untuk memiliki pola tidur teratur.Anda perlu tidur dalam waktu 7-8 jam. Hal ini dianjurkan juga oleh Dr. Preeti Devnani dari Department of Neurology and Sleep Medicine di sebuah rumah sakit di India, yakni: ulangi pola tidur yang sama setiap harinya. Serta jauhkan gadget dari genggaman tangan ya, karena hal tersebut dapat membuatAnda merasa tidak tenang dan malah ingin terus bermain gadget.

#2 Buatlah Suasana Kamar dan Hati Anda Senyaman Mungkin

Andapasti merasa lelah setelah seharian berutinitas, karenanya biasakan mandi air hangat disaat seluruh aktivitas diluar rumah telah selesai. PastikanAnda mematikan lampu ketika hendak tidur karena cahaya ruangan yang redup dapat membantu otak kita untuk berelaksasi. Usahakan untuk membuat kamar tidur terang saat pagi hari, kita dapat membuka tirai kamar tidur agar cahaya sejuk dapat menyambangi kamar tidur kita. Hal yang paling penting, jauhi kafein sebelum tidur.

#3 Lakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

Mengatur pernapasan dapat membantu kita untuk menjaga dan memperbaiki pola tidur, dalam hal ini olahraga yoga dapat menjadi salah satu acuanAnda untuk menjaga pola tidur dan menghindari stres berlebih.

Jadi, menjaga pola tidur itu penting. Semoga tips di atas bisa membantuAnda terhindar dari ide bunuh diri, ya!

Part 1 of 4
Recommended for you
25 June 2018
SETELAH PUASmenikmati periode libur lebaran, kini saatnya Anda kembali ke kantor. Biasanya saat kembali bekerja usai berlibur, Anda mungkin merasa sedikit kurang bersemangat, termasuk dalam urusan p ....
18 July 2018
Salah satu strategi terbik untuk membangun kekuatan fungsional di tubuh Anda dengan menggunakan program latihan yang telah dibuktikan hasilnya oleh Green Beret salah satu unit pasukan khusus Ameri ....