Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Stres
Sport
Artikel
13 September 2018
8+3 Cara Melawan Kelelahan Akibat Perjalanan Udara Saat Akan Mengikuti Race 

BAGI ANDA, yang akhir pekan ini bakal berlari di Berlin Marathon 2018, stres dalam penerbangan jarak jauhjarak jauh atau berdurasi lama saat berangkat menuju lokasi lomba lari yang Anda ikuti bisa mengganggu tubuh dan merusak impian Anda mendapatkan personal best (PB). Tubuh dan kaki yang segar di dalam dan di seputar perjalanan udara seharusnya beriringan, ujar Dave Scott, juara Hawaii Ironman Champion enam kali dan seorang pelatih lari berbasis di Colorado.

Berikut sejumlah tip dari para pakar, seperti yang dikutip dari Runners World, agar Anda tetap dalam kondisi terbaik sebelum, saat, dan setelah melakukan penerbangan jarak jauh dan berdurasi lama untuk mengikuti sebuah lomba lari.

#1 INVESTIGASI AKOMODASI ANDA

Hubungi penginapan Anda dan tanyakan tingkat kebisingan dan pencahayaan di kamar Anda. Mungkin lebih baik membayar lebih untuk mendapatkan sebuah kamar yang jauh dari jalanan yang sibuk atau sebuah kamar dengan tirai yang mampu menahan dengan baik cahaya dari luar yang akan masuk ke ruangan, nasehat Sarah Schlichter, seorang pelari marathon dan registered dietitian. Sangat sulit tidur di luar lingkungan Anda, tetapi kita perlu melakukan tiap perubahan kecil yang dibutuhkan. Pertimbangkan pula untuk mengepak sleeping mask dan earplug, terutama jika Anda termasuk orang yang biasa tidur ringan (light sleeper). Namun pastikan Anda masih bisa mendengar alarm Anda berdering.

#2 MAKANAN BERGIZI

Malam sebelum berpergian, Scott merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi serat lebih banyak ketimbang biasanya. Utamakan dari sumber makanan sehat seperti sayuran (wortel, beet, dan paprika). Ini bisa mencegah munculnya rasa kembung ketika berada dalam perjalanan. Selain itu hindari mengonsumsi alkohol lebih dari satu porsi (karena bisa menyebabkan gangguan tidur) dan karbohidrat berlebihan (yang menyebabkan gas berlimpah di lambung dan mengakibatkan kembung).

#3 PASOKAN CAIRAN

Udara di pesawat sangat kering dan akan membuat dehidrasi tubuh tanpa Anda menyadarinya, ujar Jamey Harris, pelatih kepala di Cross Country and Track & Field, UC Santa Cruz. Selain itu, layanan minuman di pesawat tidak datang cukup cepat untuk menjaga tubuh Anda tetap mendapatkan pasokan cairan yang memadai.

#4 GUNAKAN KAOS KAKI KOMPRESI

Kaos kaki khusus ini akan menjaga aliran darah dan meminimalisasi kelelahan pada otot-otot kaki, ujar Verrengia. Anda bisa menggunakan produk-produk kaos kaki dari Compressport, PRO Compression, dan 2XU.

#5 CEMILAN CERDAS

Jangan mengonsumsi cemilan dari maskapai penerbangan, ujar peringatan Scott. Biasanya mereka menawarkan cemilan yang tinggi karbohidrat sederhana dan mengandung trans fat, yang akan mendongkrak kadar gula. Lebih baik jika Anda mengemas sendiri cemilan sehat.

#6 SERING BERGERAK

Pesan tempat di dekat lorong agar Anda bisa dengan mudah dan sering bergerak di kabin pesawat. Apapun yang bisa Anda lakukan untuk menghindari tubuh terdiam dan terpaku di kursi akan membantu mencegah perasaan kaku, bosan, dan berat saat kemudian berjalan meninggalkan pesawat, ujar Harris. Jika sedang dalam penerbangan panjang, Anda bisa mencoba berjalan atau bergerak di kabin tiap 30 menit.

#7 LAKUKAN PEREGANGAN

Otot-otot punggung dan hip flexor Anda memendek dan menegang dalam penerbangan, ujar Scott. Jadi... ketika Anda tiba dan menetap di hotel, lakukan peregangan selama delapan menit di kedua area tersebut. Lakukan hal yang sama pada otot-otot paha dan betis. Selain itu, lakukan arm swing untuk melemaskan rotator cuff. Selanjutnya, berjalan mundur selama dua menit untuk melakukan peregangan dinamis terhadap achilles, soleus, dan hamstring.

#8 SHAKEOUT RUN

Saat keluar dari pesawat, Anda mungkin akan tergoda untuk segera menggunakan treadmill di gym hotel yang memiliki pendingin udara, ujar Amanda Dale, seorang personal trainer bersertifikat dan pelatih lari ketahanan. Namun melakukan shakeout run usai terbang jarak jauh akan memberikan manfaat lebih baik ketika Anda akan berlomba dalam waktu segera.

Plus1 -ANGKAT KAKI ANDA

Ikuti rutinitas peregangan yang biasa Anda lakukan setelah berlari. Kemudian berbaring di lantai dan luruskan kaki Anda di dinding. Posisi ini akan membantu meredakan kelelahan pada kaki dengan membangkitkan berbagai cairan yang stagnan dan terbangun saat perjalanan untuk bergerak, ujar Verrengia.

Plus2 -PIJAT KAKI

Jika telapak kaki Anda terlihat membengkak setelah terbang dalam waktu lama, pertimbangkan untuk melakukan perawatan refleksi atau pijat di sore hari, nasehat. Ini adalah langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk meredakan pembengkakan ringan sekaligus membangkitkan sirkulasi aliran darah di seluruh tubuh, ujarnya. Selain itu, pijat membuat tubuh terasa nyaman.

Plus3 - YOGA RINGAN

Malam sebelum Anda mengikuti lomba, Dale merekomendasikan Anda untuk melenturkan persendian dan menenangkan pikiran dengan menyetel video latihan yoga untuk pelari berdurasi pendek. Video ini akan memandu Anda melalui gerakan-gerakan efektif, menenangkan, dan melenturkan area-area spesifik di tubuh Anda, yang akan membantu Anda tampil dengan performa prima saat berlomba.

Part 1 of 12
Recommended for you
25 June 2018
SETELAH PUASmenikmati periode libur lebaran, kini saatnya Anda kembali ke kantor. Biasanya saat kembali bekerja usai berlibur, Anda mungkin merasa sedikit kurang bersemangat, termasuk dalam urusan p ....
18 July 2018
Salah satu strategi terbik untuk membangun kekuatan fungsional di tubuh Anda dengan menggunakan program latihan yang telah dibuktikan hasilnya oleh Green Beret salah satu unit pasukan khusus Ameri ....