Awesome!
Thank you, You are now suscribing GOFIT™
hit enter to search
  OR CANCEL
Stres
Artikel
22 September 2018
6 Cara Olahraga Bikin Anda Bahagia 

BERPIKIR UNTUK MENGGUNAKAN obat-obatan? Pertimbangkan kembali strategi Anda. Dalam sebuah studi baru yang dipublikasikan di jurnal JAMA, para peneliti mengamati catatan medis selama hampir 10 tahun dan menemukan, nyaris 50 persen resep antidepressant diberikan untuk kondisi yang sebetulnya bukan depresi.

Pertimbangkan apa yang akan Anda ambil. Jika Anda tidak didiagnosa (secara resmi) mengalami depresi, mungkin banyak cara lain yang bisa dilakukan. Memelihara tubuh tetap bugar tidak hanya membuat Anda tampil lebih keren, makin kuat, dan hidup lebih lama, tetapi juga meningkatkan kesehatan mental Anda.Jadi apa yang sebenarnya terjadi saat Anda berolahraga yang membuat otak memerintahkan Anda berbahagia? Berikut sejumlah alasan ilmiah mengapa aktivitas fisik membuat Anda bahagia.

#1 Memompa Senyawa Kimia Pembangun Suasana Hati ke Otak

Sebagai makhluk yang sering bersikap tidak logis, manusia perlu mengalami stres lebih dulu jika ingin merasa lebih baik setelahnya. Ketika mulai berkeringat (karena aktivitas fisik), tubuh As soon as you start sweating in the gym, tubuh Anda mengalami kepanikan dan melepaskan protein yang disebut BDNF (Brain-Derived Neurotrophic Factor). Ini memenuhi otak dengan endorphin yang dirancang untuk melindungi tubuh hal yang merugikan. Di sinilah bahagia dimulai.

Endorphin didisain untuk mengurangi nyeri, yang untungnya hadir bersama dengan euforia. Kombinasi senyawa kimia pembangun suasana hati dengan otak meningkatkan kadar dopamine dan serotonin hormon yang bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal antar sel di otak dan akan membuat Anda bahagia dengan cepat. Secara kimiawi, olahraga seperti morfin, tapi tanpa ancaman gangguan kesehatan.

#2 Membuat Anda Tidur Nyenyak

Kurangnya waktu tidur berpeluang meningkatkan berbagai macam gangguan kesehatan mulai dari obesitas, depresi, bahkan kanker. Apa cara terbaik agar bisa tidur dengan nyenyak dan berkualitas? Olahraga. Sebuah studi yang dipublikasikan di Clinical Sports Medicine menemukan, sesi latihan di sore hari akan meningkatkan suhu tubuh, Jadi, ketika suhu menurun di periode waktu tidur, tubuh Anda mengetahui sudah saatnya untuk melelapkan diri.

#3 Mencegah Ancaman Depresi

Aktif secara fisik tidak hanya membuat Anda bahagia, tetapi juga membantu Anda mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Bahkan sesi latihan yang singkat bisa bertidak sebagai antridpresi. Penjelasannya, tubuh yang berkeringat mengeluarkan enzim yang disebut KAT yang mengubah molekul yang merugikan menjadi asam yang bisa disingkirkan dari otot dan otak.

#4 Mendongkrak Energi

Ini adalah formula fantastis: Makin banyak energi yang Anda kerahkan, makin banyak pula energi yang Anda dapatkan. Olahraga mendistribusikan oksigen ke jaringan tubuh, yang menguatkan dan membuat Anda lebih fokus. Sebuah studi pada pada 6.800 orang untuk Psychological Bulletin menemukan, 90 persen orang yang menuntaskan rancangan latihannya merasa lebih bahagia dan lelah lebih sedikit ketimbang di awal penelitian. Singkirkan minuman berenergi dan segera berolahraga.

#5 Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kurang percaya diri dengan bentuk tubuh Anda sekarang ini? Berolahragalah untuk melakukan transformasi, baik secara fisik maupun psikis. Merujuk penelitian yang dipublikasikan di Journal of Health Psychology, endorphin ekstra akan memastikan... meski Anda belum melihat hasil latihan yang signifikan, Anda masih merasa nyaman dengan citra bentuk tubuh Anda.

#6 Makin Produktif

Terjebak di kantor untuk suatu pekerjaan selama berhari-hari? Olahraga bisa membantu Anda untuk menyelesaikan masalah ini. British Journal of Sports Medicine menemukan, makin banyak waktu yang Anda luangkan untuk berolahraga, kreativitas Anda bakal meningkat. Selain itu, para peneliti di Saint Leo University juga menemukan, orang yang berolahraga cenderung lebih percaya diri untuk mengendalikan keseimbangan rutinitas pekerjaannya.

Part 1 of 7
Recommended for you
25 June 2018
SETELAH PUASmenikmati periode libur lebaran, kini saatnya Anda kembali ke kantor. Biasanya saat kembali bekerja usai berlibur, Anda mungkin merasa sedikit kurang bersemangat, termasuk dalam urusan p ....
18 July 2018
Salah satu strategi terbik untuk membangun kekuatan fungsional di tubuh Anda dengan menggunakan program latihan yang telah dibuktikan hasilnya oleh Green Beret salah satu unit pasukan khusus Ameri ....